Administrator 102 post
Inspirasi Wirausaha

4 LANGKAH UMKM UNTUK SIAP MEMASUKI EKOSISTEM DIGITAL

Share : 24 July 2020
Memasuki era disruptif saat ini, pemanfaatan teknologi digital sudah menjadi kebutuhan setiap manusia. Berbagai hal dapat dilakukan lebih mudah jika menggunakan teknologi digital ini seperti berbagai pekerjaan di sektor manapun, proses belajar-mengajar, kegiatan interaksi komunikasi, ekspedisi, dsb.

Pada sektor bisnis pun, pemanfaatan teknologi digital memberikan peluang bertransformasi ke arena pertarungan yang lebih luas dan sistematis. Jangkauan pasar yang lebih luas tanpa batas teritorial, mekanisme transaksi yang mudah dan aman, potensi berkembang karena persaingan yang jelas terlihat, dsb. Semua itu bisa diwujudkan apabila bisnis sudah memasuki ekosistem digitalnya pada sektor masing-masing.

 

Baca Juga: Pentingkah Umkm Memasuki Ekosistem Digital Saat Ini?

 

Proses pembentukan ekosistem digital ini sudah lama dibentuk para pebisnis dunia, salah satunya adalah Silicon Valley di Amerika Serikat. Keberhasilan mekanisme itu pun diadopsi berbagai pihak untuk membuat ekosistemnya sendiri. Tidak terlepas Pemerintah Indonesia yang berupaya untuk membentuk ekosistem digital bagi UMKM. Presiden Joko Widodo secara langsung menugaskan para menterinya untuk segera menghubungkan UMKM ke sistem online.

Berbagai program seperti UMKM Go Online, DigiKu dan banyak lagi yang mendukung UMKM bertransformasi ke ekosistem digital diterapkan. Terlebih ketika masa pandemi melanda, pemanfaatan teknologi meningkat pesat dan menjadi pilihan terbaik UMKM untuk menghadapi krisis. Proses memasuki ekosistem digital mungkin akan lebih disegerakan lagi. Namun, apakah UMKM Indonesia sudah siap untuk memasuki ekosistem digital saat ini?

Terdapat beberapa langkah yang diperlukan untuk memasuki ekosistem digital yang dilansir dari Investor Daily. Persiapkan hal-hal berikut agar usaha anda siap memasuki ekosistem digital.

1. Adopsi Pola Pikir Ekosistem

Perusahaan harus memperbaiki visi. Sebagai pemimpin perusahaan cobalah bertanya kepada diri sendiri, seperti “Bagaimana kita dapat mengamankan apa yang kita miliki dan mengedepankan keunggulan dibandingkan dengan pesaing kita?”.

 

2. Ikuti Data

Dalam masyarakat digital, bukan uang saja yang menjadi sumber daya berharga melainkan data. Bersaing secara efektif berarti mengumpulkan data dalam jumlah besar dan mengembangkan kemampuan untuk menyimpan, memproses dan menerjemahkan data ke dalam wawasan bisnis yang dapat ditindaklanjuti.

 

3. Bangun Ikatan Emosional dengan Pelanggan

Cobalah bertanya “Apa rencana kami untuk menggunakan data, konten dan peralatan digital untuk terhubung secara emosional dengan pelanggan?”. Kemudian, pertanyaan seperti “Apa lagi yang bisa kami sediakan, dengan kesederhanaan dan kecepatan untuk memperkuat ikatan konsumen kami?”. Dalam persaingan di ekosistem digital, citra perusahaan maupun produk sangat diperhatikan. Membangun ikatan emosional dengan pelanggan dapat membantu perusahaan anda tetap dapat diandalkan dalam berbagai kondisi.

 

4. Ubah Paradigma Kemitraan

Mengingat peluang untuk melakukan spesialisasi yang diciptakan oleh ekosistem digital, perusahaan membutuhkan lebih banyak dan berbagai jenis mitra, Mulailah cari mitra seperti apa yang paling anda butuhkan agar bisa meningkatkan nilai perusahaan anda dalam ekosistem digital.

 

 

 

Referensi:

Investor Daily. 2020. Ekosistem Digital, Cara Perusahaan Memenangkan Pertarungan Bisnis. Site: Investor.id

Karunia, Ade Miranti. ED Jatmiko, Bambang P. 2020. UMKM Masuk Ekosistem Digital, Pengajuan Pinjaman Hanya Butuh Waktu 15 Menit. Site: Kompas.com

Ilustrasi: Designed by Freepik. Site: Freepik.com

 

Artikel selanjutnya