Administrator 154 post
Inspirasi Wirausaha

5 kesalahan dalam melakukan Pemasaran Produk

Share : 28 June 2021

Pemasaran Produk bertujuan untuk mengetahui pasar yang tepat bagi produk dan penempatannya sedemikian rupa sehingga mendapat respon pelanggan yang baik.

 

Agar produk bisa dipilih dan bertahan lama oleh pelanggan, simak  5 hal kesalahan yang harus dihindari dalam pemasaran produk :

 

1.   Tidak aktif di media sosial

Berdasarkan Riset terbaru dari Hootsuite dan We Are Social, jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami kenaikan.

Tercatat hingga bulan Januari 2021, total pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta orang, dengan kondisi tersebut menandakan bahwa masyarakat Indonesia sangat aktif di jejaring sosial, maka sebaiknya wajib bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing. Bersamaan dengan itu, pelaku UMKM harus memiliki strategi komunikasi yang tepat agar potensi pasar dalam memasarkan bisnis melalui jejaring sosial ini bisa tergarap dengan efektif dan efisien.

2.   Target pasar tidak spesifik

Jika Anda menetapkan pangsa pasar yang luas dan ingin menjangkau semua orang, maka upaya pemasaran Anda tidak akan maksimal. Lebih baik Anda menargetkan konsumen yang spesifik dan memberikan nilai lebih pada produk Anda, sehingga menjadikannya unik di mata konsumen. Ini juga membuat Anda bisa lebih fokus saat memasarkan produk. Misalnya, Anda menjual produk susu. Agar lebih spesifik, buat produk susu untuk anak-anak dan satu lagi susu untuk orang dewasa.

3.   Tidak Membuat Anggaran

Jangan menganggap pemasaran sebagai beban bagi bisnis Anda, sehingga Anda tidak mau menyediakan dana yang besar untuk kegiatan pemasaran. Buatlah perencanaan pemasaran secara rinci, sesuaikan dengan budget yang dimiliki, jangan sampai melebihi dari target awal agar tidak mengalami kerugian.

4.   Kurangnya Uji Coba Pasar

Melakukan riset terhadap masyarakat sangatlah penting sebelum melakukan promosi, tujuannya agar Anda memahami kebutuhan pasar, selain itu Anda juga bisa mengetahui strategi promosi yang cocok terhadap produk Anda. Mungkin saja Anda menawarkan produk yang inovatif, tetapi belum tentu produk tersebut dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Untuk itu, lakukanlah uji coba pasar sebelum memasarkan produk Anda.

 

5.   Promosi Tidak Gencar

Jangan pernah berpikir bahwa konsumen akan datang dengan sendirinya karena yang terpenting adalah menyediakan produk yang berkualitas. Pemikiran tersebut kurang tepat, karena produk yang berkualitas tanpa promosi yang gencar, tidak akan menghasilkan penjualan yang signifikan. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, mulailah mempromosikan produk Anda secara terus-menerus, misalnya melalui media sosial dengan membuat video promosional yang singkat tetapi jelas, menjalankan relasi dengan vlogger atau blogger, atau mengadakan promosi khusus.

 

Referensi :

Entrepreneurcamp.id

Kumparan.com
Referensi Gambar :
Seoanaksholeh.com

 

Artikel selanjutnya