Administrator 142 post
Inspirasi Wirausaha

5 PELUANG BISNIS POTENSIAL DI 2021

Share : 21 April 2021

Adanya pandemi virus COVID-19, membuat kita harus lebih bijak dalam mengelola keuangan. Kita harus pintar dalam melihat dan mengambil peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Di masa pandemi ini, penjualan bisnis online diperkirakan masih meningkat. Produk apa saja yang kira-kira akan banyak dicari konsumen di tahun ini dan dapat dijadikan sebagai usaha? Berikut beberapa ide peluang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2021!

 

1.      Makanan Siap Masak

Sejak pandemi, makanan siap masak semakin banyak dicari oleh banyak orang terutama ibu rumah tangga selama pandemi. Pasalnya, frozen food merupakan alternatif makanan yang cepat untuk disiapkan dan lebih hemat dibandingkan makan di luar rumah. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk berbelanja makanan atau sayuran siap masak secara online alih-alih langsung membelinya secara fisik untuk mencegah penularan. Saat ini beberapa restoran pun mulai menyesuaikan dengan perilaku ini dengan menjual makanan mereka dalam bentuk frozen food.

2.      Tanaman Hias

Permintaan tanaman hias juga meningkat pesat sejak pandemi. Banyak orang kemudian memulai hobi merawat tanaman hias. Selain mengisi waktu luang, tanaman hias juga membuat rumah terlihat lebih asri dan segar. Tidak terbatas pada tanaman hias, banyak juga yang mulai bercocok tanam sayur-sayuran seperti bayam untuk kemudian dimasak.

3.      Laundry

Bisnis ini terutama cocok untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan. Biasanya karena sibuk banyak orang tidak sempat mencuci pakaian mereka dan akhirnya memilih untuk menggunakan jasa laundry. Namun, untuk usaha ini pastikan kamu bisa menjamin keamanan dan kebersihan pakaian terutama di tengah pandemi seperti ini agar pelanggan merasa aman.

4.      Jasa Titip Beli (Jastip)

Saat ini banyak orang yang membatasi aktivitas ke luar rumah, apalagi ke luar kota atau negeri. Apabila anda memiliki teman atau kenalan yang tinggal di luar kota atau negeri, anda bisa bekerja sama dan membangun bisnis jasa titip (jastip). Anda bisa memasarkan barang-barang jastipmu di media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli.

5.      Hampers & Personalized Gift

Akhir-akhir ini hampers semakin banyak dicari orang sebagai pilihan hadiah atau bingkisan untuk event tertentu mulai dari pernikahan, baby shower, ulang tahun, anniversary, hari raya, dan banyak lagi. Anda bisa menawarkan hampers yang bisa dipersonalisasi atau customized agar hadiah bisa lebih terkesan personal. Tawarkan juga kartu ucapan bagi pembeli. Jangan lupa untuk membuat dekorasi yang unik agar hampers anda memiliki ciri khasnya sendiri.

 

Itulah peluang usaha baru untuk tahun 2021 yang bisa anda pilih untuk kemudian menjadi ide bisnis untuk diterapkan. Diharapkan, dengan membuka peluang pada usaha-usaha ini, usaha anda dapat terus berkembang dan memiliki jangkauan pasar yang luas.

Referensi:
LalaMove
Kompas.com
Koin Works

Referensi Gambar

Artikel selanjutnya