Administrator 134 post
Inspirasi Wirausaha

5 PELUANG USAHA PERTANIAN DI TAHUN 2021

Share : 15 January 2021

                Peluang usaha pertanian yang menguntungkan tentunya menjadi impian banyak pihak. Mengingat pada tahun 2020 lalu, usaha yang berhubungan dengan pertanian saat sudah semakin digemari. Tidak hanya menjadi peluang usaha pertanian di pedesaan, tetapi di perkotaan kini sudah semakin banyak yang mulai menekuni profesi tersebut.

                Lima peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian ini pastinya dapat menjadi alternatif untuk dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan di tahun 2021. Peluang tersebut diantaranya:

1.            Menjual Bunga Potong

Menjalankan bisnis di bidang pertanian yang satu ini sebenarnya mudah sekali dan tidak jauh berbeda dengan usaha jual tanaman hias pada umumnya. Tetapi yang membedakanya di sini, bunga potong merupakan sejenis tanaman hias dengan akar yang sudah dipotong. Bunga potong biasanya digunakan untuk acara resmi, seperti pesta pertunangan, pesta pernikahan, acara pemakaman, ulang tahun, dan lainnya. Dengan menjual bunga potong, pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha tersebut. Ditambah lagi dengan peluang untuk mempromosikannya lewat internet. Baik itu penjualan di marketplace, media sosial, dan e-commerce.

2.            Menjual Bibit Tanaman

Pelaku usaha dapat melihat potensi untuk menjual bibit tanaman secara online. Untuk menjalankan usaha yang berhubungan dengan pertanian tersebut sebenarnya mudah sekali, tetapi pelaku usaha disarankan untuk memilih bibit dengan kualitas terbaik untuk dijual. Untuk bibit tanaman sayur, biasanya bibit selada, cabai, kangkung, pakcoy, dan lainnya. Sementara untuk bibit tanaman buah bisa tomat, jeruk, dan lainnya. Tentunya, sebelum membuka bidang usaha ini, harus melakukan riset minat pasar, pemilihan bibitnya, dan peraturan daerah setempat terlebih dahulu.

3.            Menjual Terarium

Jenis bisnis di bidang pertanian yang mudah lainnya harus dicoba adalah dengan berjualan terarium. Terarium memang dikenal sebagai sarana terbaik untuk bercocok tanam yang menjadi peluang usaha pertanian di lahan sempit. Terarium bisa diletakkan di dalam ruangan dengan wadah kaca bening. Tampilannya yang cantik dengan ukuran mungil tentu saja banyak orang yang akan tertarik untuk memilikinya. Terarium bahkan bisa dijadikan sebagai hiasan meja paling sempurna pada beberapa hunian minimalis modern. Untuk memulai bisnis ini, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memilih tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari terlalu banyak, seperti tanaman paku, sukulen, dan lumut. Kemudian tentikan wadah yang digunakan seperti akuarium dan lengkapi dengan hiasan yang menarik seperti paduan pasir, bebatuan, atau elemen kayu. Yang terakhir, tentukan target pasar yang cocok dengan bisnis terarium.

4.            Jualan Tanaman Hias

Selain terarium, tanaman hias juga menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik dan memperindah rumah, kantor, dan lain-lain. Hal ini merupakan salah satu jenis usaha agrobisnis yang menjanjikan. Untuk mendapatkan konsumen lebih cepat pada saat        pertama kali menjalankan usaha jualan tanaman hias, pelaku usaha disarankan agar memilih jenis tanaman yang banyak diminati masyarakat.

5.            Jualan Tanaman Hidroponik

Hidroponik sudah banyak dikembangkan dan ‘laku’ di pasaran. Teknik yang sudah mulai banyak digunakan ini, dengan mudah dikembangkan oleh banyak orang yang menjual tanaman hidroponik dan kualitasnya lebih baik. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tanaman hidroponik, dapat mengklik link ini.

                Melihat kelima peluang tersebut, dapat dipahami bahwa masih banyak sektor pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk para petani agar dapat terus menjalankan usahanya dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Referensi:
Petani Digital
Bisnis UKM
Jurnal Id

Referensi Foto

Artikel selanjutnya