Administrator 105 post
Inspirasi Wirausaha

5 TIPS EFISIEN UNTUK MENYIAPKAN KESUKSESAN BISNIS UMKM

Share : 16 July 2020

Pada masa menuju era new normal sekarang ini, perusahaan di seluruh industri mengalami kondisi ketidakpastian yang cukup ekstrem. Pada sektor transportasi dan pariwisata benar-benar terhenti selama masa krisis pandemi covid-19. Di satu sisi,  sektor makanan dan teknologi justru meningkat beberapa kali lipat dibandingkan sebelum pandemi. Menambahkan data berdasarkan survey penggajian online OnPay sekitar 12% melaporkan kondisi bisnisnya tetap “normal” saat ini.

Ketika masa depan masih tidak terprediksi dan margin semakin ketat, efisiensi akan menjadi lebih penting dari sebelumnya. Demi memastikan masa depan perekonomian yang berkelanjutan bagi perusahaan, maka perlu maksimalkan efisiensi segera.

Untuk menyiapkan kesuksesan bisnis, terutama UMKM, perlu memerhatikan dengan seksama upaya yang berhasil dan yang tidak, sesuai kah dengan anggaran anda, alur kerja, atau teknologi. Berikut, terdapat beberapa upaya efisiensi yang dapat dilakukan untuk menyiapkan kesuksesan bisnis, dilansir dari Business 2 Community.

1. Otomatisasi

Pekerja adalah elemen yang membuat bisnis perusahaan berkembang. Perlu ada penjagaan agar mereka tidak terjebak dengan pekerjaan kasar yang kurang bernilai. Menyortir email, mengunduh data dan pekerjaan kurang bernilai bagi tim bisa mempengaruhi kualitas mereka. Maka, segera pertimbangkan untuk mengotomatiskan pekerjaan kurang bernilai agar tidak melimpahkannya ke pekerja yang memiliki kapasitas lebih dari itu.

Berdasarkan Oktopost, bisnis yang menggunakan perangkat lunak dalam memberikan arahan secara otomatis dapat mengalami kenaikan pendaptan 10% setelah 6 bulan sistem diadopsi. Sejatinya, tidak ada pekerja yang mau membuang waktu mengerjakan pekerjaan kasar, dengan begitu alihkan pekerjaan itu dengan memanfaatkan teknologi.

2. Delegasikan Pekerjaan Secara Tepat

Berdasarkan laporan Turbine, sekitar 53% UMKM percaya dapat menumbuhkan organisasi mereka secara signifikan jika mendelegasikan 10% beban kerja mereka saat ini. Mendelegasikan pekerjaan dengan benar dapat mengurangi beban besar perusahaan serta disaat yang sama juga meningkatkan bisnis.

Salah satu manfaat dari bisnis berskala kecil adalah kesempatan bekerja secara lateral, menciptakan struktur terbuka yang memungkinkan pekerja merasa nyaman berbagi tugas dan proyek. Mereka yang memiliki banyak hal untuk dikerjakan juga harus merasa bebas setidaknya mendekati yang kurang mampu. Hal ini dapat mendorong efisiensi dorongan dalam jangka pendek sekaligus menjamin keberhasilan jangka panjang.

3. Rampingkan Alur Komunikasi

Berdasarkan penelitian McKinsey, terlihat bahwa sekitar 28% dari rata-rata waktu pekerja dihabiskan untuk mengelola email masih sangat tinggi. Email memang sangat mudah digunakan sebagai media komunikasi tetapi saat ini sudah cukup ketinggalan zaman. Meskipun, email mungkin masih berharga sebagai alat penggunaan umum tetapi melakukan peralihan media komunikasi yang lebih efisien adalah langkah yang baik.

4. Hindari Multitasking

Sejak memasuki era digital, multitasking sudah menjadi norma dikalangan pebisnis seluruh dunia. Namun, nyatanya berdampak buruk dalam pengoptimalan cara perusahaan bekerja. Untuk mencapai tingkat efisiensi perusahaan yang maksimum, multitasking perlu dihindari segera. Menurut laporan Wrike, multitasking mengurangi produktivitas pekerja sebanyak 40% dan mungkin saja bisa lebih dari realita sebenarnya. Jadi, mulai segera pertimbangkan arah perusahaan anda untuk mengatasi satu masalah pada satu waktu karena itu satu-satunya cara untuk memastikan perusahaan bekerja dengan baik.

5. Optimalkan Rapat

Berdasarkan laporan Doodle terlihat bahwa pertemuan / rapat yang berjalan buruk menyebabkan Ekonomi AS hampir $400 miliar per tahun. Untuk membuat rapat lebih efisien, tentukan tujuannya sedari awal. Laksanakan rapat dengan niat jelas dan lakukan segala upaya untuk memperkuat struktur.

Selain itu, adakan jajak pendapat atau forum pengiriman sebelum pertemuan besar yang memungkinkan seluruh partisipan menyuarakan pendapat terkait hal yang akan didiskusikan. Perusahaan yang efisien adalah perusahaan yang menangani seluruh kekhawatiran pekerjanya, dan rapat adalah peluang besar untuk melakukannya.

 

Referensi:

Aninda, Nirmala. 2020. 5 Tips Efisiensi untuk Menyiapkan Kesuksesan Bisnis. Site: Bisnis.com

Zhang, Kimberly. 2020. 5 Efficiency Tips for Setting Up Your Small Business for Success. Site:                business2community.com

I
lustrasi: Designed by Freepik

Artikel selanjutnya