Administrator 102 post
Inspirasi Wirausaha

7 ALASAN MENGAPA UMKM PERLU GO ONLINE SEKARANG

Share : 30 June 2020

 

Pandemi Covid-19 memicu penerapan era masyarakat 5.0 semakin dekat. Berbagai sektor terpaksa memanfaatkan teknologi dan berkolaborasi dengannya agar bertahan selama krisis pandemi. Tak terlepas bagi UMKM, kolaborasi dengan teknologi menjadi hal mutlak yang perlu dicapai. Sebagai pondasi perekonomian dunia, UMKM perlu bertahan melewati krisis dan siap menuju era masyarakat 5.0.

 

Baca Juga: UMKM MENUJU ERA MASYARAKAT 5.0

 

Seiring dengan langkah menuju era masyarakat 5.0, berbagai pihak telah mendorong kemajuan UMKM. Baik sejak bertahan selaam pandemi hingga menuju era masyarakat 5.0 pasca pandemi. Mulai dari suntikan keuangan, kemudahan kredit, kolaborasi berbagai perusahaan hingga program UMKM Go Online. Topik yang paling sesuai dengan pembahasan era masyarakat 5.0 adalah terkait UMKM Go Online.

UMKM Go Online sendiri sedang diupayakan oleh pemerintah Indonesia. Pencanangan gerakan 100.000 UMKM Go Online secara serentak di 30 kota/kabupaten di Indonesia sesuai visi Presiden Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. Seiring situasi yang terjadi target semakin bertambah hingga kini 10 juta UMKM “on boarding” ke pasar digital. Saat ini, tercatat bahwa UMKM yang Go Online mencapai 9,4 juta dan ditargetkan hingga akhir tahun 2020 akan ada 2 juta UMKM lagi yang go online.

Berdasarkan pernyataan Kominfo, dengan mengikuti gerakan go online ini UMKM akan mendapatkan peluang untuk distribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar dalam 1 x 24 jam, Inkorporasi RKB, transformasi inklusi finansial, serta kesempatan membuat NPWP serentak untuk seluruh pelaku UMKM yang akan dionlinekan. Selain itu, pembimbingan mulai dari proses pengonlinean hingga manajemen serta promosi online akan diperoleh UMKM.


Selain manfaat tersebut, UMKM juga perlu memahami alasan umum kenapa bisnis mereka harus go online. Terdapat 7 alasan untuk menjawab mengapa bisnis UMKM wajib go online yang dilansir dari qwords.com. Berikut 7 alasan tersebut:

1.     Untuk Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sudah menjadi kendala klasik bisnis kecil. Demi menjangkau batasan pasar yang selama ini terbatas, memasuki pasar online menjadi pilihan cerdas. Ditambah saat pandemi seperti saat ini, orang cenderung mengurangi interaksi fisik dan lebih mengandalkan ruang digital.

 

2.     Meminimalisir Kehilangan Market

Masih sama dengan hal sebelumnya, pasar online bisa menjadi penyelamat anda dari kehilangan pasar. Hal ini karena kecenderungan orang akan lebih menafaatkan ruang digital apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini.

 

3.     Pertumbuhan Internet yang Kian Masif

Penggunaan layanan digital di Indonesia selama pandemi meningkat cukup signifikan di berbagai sektor seperti e-comerce, dompet digital, kesehatan dan pendidikan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan UMKM untuk segera mengibarkan sayap di pasar online.

 

4.     UMKM Menjadi Lebih Profesional

Memasuki pasar online berarti tandanya bisnis anada memasuki persaingan baru dalam industri modern. Hal seperti website, sosial media, desain, logo dan hal profesional lainnya sangat diperlukan agar mampu bersaing. Dengan begitu, usaha anda terdorong untuk lebih terlihat profesional.

 

5.     Biaya Operasional Lebih Rendah

Salah satu manfaat dari go online adalah mampu memangkas biaya operasional. Misalnya, biaya penggunaan ruang fisik serta pemasaran offline akan dipangkas. Namun, tentu saja hal itu semua dapat dirasakan jika sepnuhnya ekosistem digital sudah mampu terbentuk tetapi bukan langkah yang buruk apabila anda sudah memulai aksi tersebut sejak dini.

 

6.     Budget Pemasaran Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan

Awalnya memang terlihat peralihan bisnis ke online akan memakan banyak budget, seperti biaya desain, website, kampanye online, dll. Namun, setelah semua itu telah tetap akan menjadi benefit tersendiri bagi usaha anda. Selain itu, berbagai aplikasi penunjang bisnis secara online sudah bervariasi, sehingga dapat membuat anda mengatur budget pemasaran sesuai kebutuhan dan lebih transparan.

 

7.     Pertumbuhan Lebih Cepat

Dalam pasar yang lebih luas, potensi penjualan akan semakin besar. Tentu saja dengan pemanfaatan yang tepat hal tersebut dapat terwujud. Oleh karena itu, pertumbuhan di pasar online akan lebih cepat.

 

Go Online memang menjadi peluang yang menggiurkan bagi UMKM di tengah pandemi dan kedepannya. Namun, belum semuanya dapat mudah beralih. Permasalahan seperti infrastruktur yang belum merata, pengetahuan serta kesiapan UMKM akan dunia baru ini juga masih mendera Indonesia. Dengan demikian, dukungan berbagai pihak sangat dibutuhkan agar UMKM dapat Go Online dan terus menjalankan perannya sebagai penyelamat perekonomian

 

Referensi:

Andy. 2020. “7 Alasan Mengapa Bisnis UKM Wajib Go Online”. Site: qwords.com

Kominfo. 2017. “UMKM Go Online, Upaya Wujudkan Visi “Digital Energy of Asia”. Site: Kominfo.go.id

Merdeka. 2020. “Pemerintah Targetkan 2 Juta UMKM Go Digital Hingga Akhir Tahun 2020”. Site: Merdeka.com

Setyowati, Desy. 2020. “Kominfo Ungkap 4 Sebab Layanan Digital Belum Optimal Saat Pandemi”. Site: Katadata.co.id

Ilustrasi: Thanks to Macrovector & Pikisuperstar. Site: Freepik.com

Artikel selanjutnya