Administrator 142 post
Inspirasi Wirausaha

7 PELUANG USAHA YANG DAPAT DICOBA SAAT RAMADHAN

Share : 15 April 2021
Bulan Ramadhan tidak hanya identik dengan berpuasa tetapi juga banyaknya masyarakat yang membuka usaha dadakan. Mulai dari makanan hingga baju muslim, menjadi peluang para pengusaha yang ingin meraup keuntungan, karena di bulan puasa nanti kebutuhan akan hal ini dipastikan naik tingkat permintaannya. Peluang usaha apa saja yang bisa memberikan keuntungan di bulan Ramadhan nanti?

1. Katering Makanan
Saat bulan puasa, biasanya banyak orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka ataupun sahur. Nah, dengan mengambil peluang ini, cobalah untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadhan tahun ini. Anda bisa menawarkannya kepada ibu rumah tangga yang bekerja, dan anak kos karena seringkali mereka tidak memiliki waktu banyak waktu dengan kesibukannya. Sebelumnya anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu, untuk menentukan harga yang sesuai. Buatlah pilihan paket katering mingguan atau bulanan yang bisa dipilih sesuai preferensi pelanggan.

2. Takjil Berbuka Puasa
Selanjutnya usaha di bulan Ramadhan yang akan sangat laris manis adalah takjil. Biasanya setelahnya menjalankan ibadah shalat magrib dan tarawih, tak jarang banyak orang yang tidak makan makanan berat saat berbuka, melainkan makanan ringan seperti lontong, aneka gorengan, bihun dan mie goreng. Maka dari itu, tentukan jenis takjil yang bisa anda pertimbangkan untuk dijual.

3. Kue Kering
Selanjutnya ada kue kering seperti nastar atau putri salju, sebagai usaha di bulan Ramadhan ini. Mungkin memang selama masih puasa, belum begitu banyak orang yang memesan kue kering. Namun, saat hari lebaran nanti tiba, pasti permintannya akan sangat melonjak. Usaha ini sangat cocok bagi anda yang ahli dalam membuat kue kering. Setelah itu, anda bisa menawarkan kue kering buatan anda ke rekan kerja, tetangga ataupun keluarga. Bila perlu, anda bisa menggunakan sistem penjualan reseller dengan mengajak kerabat atau teman-teman untuk ikut menjual produk anda.

4. Parsel
Selain membuat kue kering, tak ada salahnya kamu juga membuat jasa pembuatan parsel yang akan sangat menguntungkan menjelang lebaran nanti. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda, misalnya berupa kue kering bikinan anda, aneka macam makanan ringan dan biskuit yang ada di pasaran, atau sembako (sembilan bahan pokok).

5. Ketupat
Memang di bulan puasa orang belum banyak yang memesan ketupat, tapi saat menjelang lebaran pasti permintaan akan meningkat. Berbicara tentang berjualan ketupat sebagai usaha di bulan Ramadhan, anda mempunyai pilihan yaitu menjual ketupat secara matang atau hanya anyamannya saja. Selain itu, untuk menambah keuntungan, anda juga bisa menawarkan sayur ketupatnya sekaligus.

6. Custom Toples dan Tempat Makan
Walaupun terdengar sederhana, tapi tak jarang orang membeli toples atau tempat makan baru supaya meja tamu mereka terlihat lebih bagus. Saat hari raya, biasanya keluarga akan berkumpul dan melakukan makan Bersama. Tak hanya itu, bahkan mereka juga mengadakan open house untuk orang-orang di sekitar rumahnya. Nah, maka dari itu, mendekor meja tamu atau meja makan biasanya dilakukan supaya terlihat lebih indah. Cobalah membuat usaha pembuatan toples dan tempat makan dengan sistem customize, di mana desainnya bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan, sehingga ia bisa menyesuaikannya dengan tema lebarannya.

7. Baju Lebaran & Perlengkapan Shalat
Di Hari Raya, banyak orang yang ingin menggunakan pakaian dan perlengkapan shalat baru untuk tampil lebih fresh. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual baju lebaran dan perlengkapan shalat. Pastikan busana muslim dan perlengkapan shalat yang anda jual adalah fashion yang sedang tren di kalangan target pasar anda.

Berikut merupakan ide-ide yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan omzet usaha. Diharapkan, dengan menyesuaikan kebutuhan pasar, usaha anda dapatĀ  semakin berkembang di bulan Ramadhan ini.

Referensi:
Jurnal.id
Koin Works

Referensi Gambar
Artikel selanjutnya