Administrator 102 post
Inspirasi Wirausaha

9 CARA MEMBUAT PERUSAHAAN KECIL TERLIHAT BESAR DITENGAH PANDEMI

Share : 12 June 2020
Kondisi pandemi covid-19 memaksa seluruh orang untuk putar otak agar dapat bertahan. Banyak hal telah berubah dari keadaan sebelum pandemi. Ditambah beredarnya narasi tentang new normal, banyak bisnis yang merubah pola prioritasnya dan bahkan tidak sedikit pula yang harus memulai kembali dari nol. Namun, mau tidak mau kita harus mampu selalu beradaptasi pada setiap keadaan.

Persiapan, perencanaan hingga pelaksanaan penanggulangan krisis harus segera dilakukan oleh perusahaan. Terutama UMKM sebagai sektor paling terdampak sudah harus mulai menggerakkan kembali bisnis yang sempat terhenti. Memanfaatkan segala sumber daya yang ada adalah kuncinya.

Pada keadaan yang tidak stabil seperti ini, persaingan akan menjadi semakin ketat. Pelanggan juga akan semakin teliti dalam memilih produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, UMKM juga perlu untuk meningkatkan kualitas agar tetap mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sebagai alternatif, terdapat 9 cara yang dapat membantu membuat bisnis kecil terlihat lebih besar dan profesional. Cara-cara tersebut dapat menjadi pertimbangan UMKM agar mampu bersaing di era ”new normal” ini.


1.Logo

                                                               Sumber: Freepik.com

Setelah perusahaan anda sudah memiliki nama perusahaan yang cocok, lekaslah buat logo perusahaan. Jangan berpikir karena bisnis anda masih berskala kecil atau masih merintis untuk tidak membuat logo perusahaan. Umumnya, orang lebih memperhatikan gambar sebelum kata-kata. Logo dapat membuat citra perusahaan dapat diingat dengan mudah. Namun, tidak sembarang logo memiliki dampak tersebut. Logo perusahaan perlu memiliki tampilan yang elegan serta profesional dan mampu merepresentasikan perusahaan. Apabila anda tidak bisa membuat logo yang baik, tidak ada salahnya menggunakan jasa pembuatan logo. Beberapa jasa desain grafis pembuatan logo sudah banyak yang terjangkau. 

2.Sumber Daya Digital

                                                               Sumber: Freepik.com
                                                  
Perkembangan digital saat ini sudah mulai tak terbendung. Pergeseran ke ranah digital semakin terasa ketika pandemi covid-19 menyerang. Oleh karena itu, penggunaan sumber daya digital perlu menjadi pertimbangan pelaku bisnis. UMKM juga perlu untuk membuat website yang layak. Tidak hanya sebagai display dari aset perusahaan tetapi juga membantu menarik kepercayaan pelanggan. Saat ini, website tidak lagi menjadi suatu yang mahal, demi mendapatkan kepercayaan pelanggan di masa sulit ini bunkanlah tawaran yang buruk. Selain itu, pembuatan media sosial dan blog dapat meningkatkan efek penggunaan website. Dengan memanfaatkan sumber daya digital, perusahaan anda bisa sejajar dengan perusahaan besar asalkan dilakukan dengan baik.

3.Manajemen Sumber Daya Digital

                                                               Sumber: Freepik.com

Ketika identitas perusahaan sudah terbentuk, terepresentasi dengan logo hingga pembuatan sumber daya digital, perlu ada integrasi dari seluruh elemen tersebut. Manajemen sumber daya digital menjadi suatu hal yang mutlak agar hal-hal tersebut berfungsi. Memiliki website, media sosial dan blog tidak akan berguna apabila tidak aktif. Oleh sebab itu, setidaknya tiga platform tersebut perlu dikelola dengan baik. Akun media sosial yang aktif serta blog yang diperbarui secara reguler dapat meningkatkan engagement pelanggan. Setidaknya post artikel blog pendek sekitar 300-400 kata dengan tema yang bermanfaat bagi pelanggan dan tautkan kepada artikel utama di website dan media sosial. Dengan begitu, ketiga platform tersebut dapat terintegrasi dan membuat perusahaan selalu update. Apabila hal ini sulit dilakukan oleh pemilik, pekerjakanlah karyawan yang khusus mengelola aset online perusahaan seperti virtual assistant. Dengan begitu, nilai perusahaan anda dimata klien akan meningkat. Berdasarkan studi Twitter, 75% orang yg mengikuti akun bisnis kecil dan membaca tweet (konsisten aktif dimedia sosial) akan menganggap perusahaan tersebut baik.

4.Investasi Pada Konten yang Berkualitas

                                                               Sumber: Freepik.com

Pengelolaan aset digital akan semakin baik jika konten yang terkandung juga baik. Penggunaan konten yang baik dan menarik dapat menjadi pertimbangan. Misalnya, gunakan foto produk yang profesional atau buat tampilan platform online perusahaan yang menarik. Gunakan teknik-teknik profesional yang dapat dipelajari secara gratis atau gunakan jasa profesional yang semakin variatif. Selain itu, penggunaan video juga menjadi vital di tengah pandemi ini. Kebutuhan visual berupa video yang layak juga menjadi pertimbangan agar menarik klien lebih baik lagi. Cara untuk merebut perhatian calon klien dari perusahaan besar adalah membuat konten yang berkualitas.

5.Menggunakan Akun Bisnis Ruang Rapat Digital

                                                               Sumber: Freepik.com

Fenomena video confrence, webminar, online meeting, dll marak ketika pandemi covid-19. Baik interaksi secara personal atau formal dilakukan melalui ruang rapat digital. Sebagai pelaku bisnis, komunikasi dengan klien harus tetap terjaga walau ditengah pandemi seperti saat ini. Tidak ingin komunikasi terhambat dengan klien karena masalah teknis, maka membeli akun bisnis ruang rapat digital adalah langkah yang penting untuk dipertimbangkan. Dengan berlangganan akun bisnis dapat menjaga kenyamanan klien dan menghindari kesalahan teknis karena batasan akun gratis. Selain itu, penggunaan alat penunjang rapat digital yang layak juga diperlukan. Setidaknya, gunakan kamera dan mikrofon yang jelas agar online meeting berjalan kondusif. Dengan begitu, klien akan menganggap perusahaan anda bertanggung jawab.

6.Gunakan Akses Internet Untuk Bisnis

                                                               Sumber: Freepik.com

Peningkatan penggunaan teknologi digital saat pandemi covid-19 telah menjadi peristiwa yang dialami setiap pihak. Pergeseran cara konvensional ke bentuk digital terpaksa dilakukan karena desakan pandemi yang membatasi pertemuan fisik. Oleh karena itu, kebutuhan akan akses internet akan membludak. Penggunaan akses internet pribadi sudah tidak relevan lagi untuk perihal bisnis. Perlu ada pemisahan akses internet yang khusus bisnis agar proses bisnis tetap berjalan kondusif. Sejak lama kesadaran menggunakan akses internet bisnis untuk bisnis seharusnya sudah ada, tetapi karena pandemi ini sepertinya membuat pebisnis harus segera beralih. Dengan pondasi akses internet yang kuat, segala cara sebelumnya untuk bersaing dengan bisnis besar bisa berjalan dengan lancar.

7.Investasi Pada Saluran Telepon Untuk Bisnis

                                                               Sumber: Freepik.com

Segala kebutuhan akan penggunaan teknologi digital memang penting dilakukan. Namun, penggunaan cara konvensional jangan dihilangkan sepenuhnya. Contohnya adalah penggunaan saluran telepon untuk bisnis. Akan ada persepsi kurang profesional apabila aktivitas bisnis hanya menggunakan nomor telepon pribadi. Memang semua hal itu bisa digantikan dengan whatsapp dan software pesan instan lainnya tetapi saat ini masih masa transisi. Jadi, pada momen tertentu masih ada klien yang membutuhkan komunikasi konvensional dan perusahaan anda sudah siap menghadapinya.

8.Mekanisme Testimoni dan Review

                                                               Sumber: Freepik.com
Penggunaan media digital yang semakin menjadi hal “normal” membuat beberapa fenomena unik. Penilaiaan akan suatu barang atau apapun dapat dibentuk melalui testimoni pihak yang pernah merasakannya. Bagi bisnis, hal tersebut adalah peluang yang pantas untuk dipertimbangkan. Buatlah ruang bagi para klien yang pernah bekerjasama dengan perusahaan anda membuat review atau testimoni. Dapat selipkan di fitur website atau media sosial perusahaan atau dengan cara kreati lainnya. Dengan begitu, fakta perusahaan anda yang masih kecil dapat dilupakan calon klien karena jejak yang baik dari klien-klien sebelumnya.
 
9.Menjadi Pemimpin yang Berpengaruh

                                                               Sumber: Freepik.com

Semua hal yang telah dijelaskan sebelumnya adalah sebagian kecil cara untuk membuat perusahaan anda terlihat lebih besar agar mampu bersaing. Namun, tantangan sebenarnya belum selesai. Walaupun anda sudah membuat perusahaan anda “terlihat” besar tetapi fakta perusahaan anda yang kecil belum sepenuhnya tersamarkan. Anda sebagai pemimpin harus menjadi pemimpin yang berpengaruh, sehingga membuka akses kepada perusahaan anda. Coba tingkatkan reputasi anda seperti menerbitkan artikel yang memuat keahlian anda dimajalah perdagangan, situs web industri dan LinkedIn. Selain itu, tawarkan diri anda sebagai pembicara di forum-forum bisnis. Dengan reputasi anda yang kuat sebagai pemimpin dapat menaikkan reputasi perusahaan anda walaupun masih berada di skala yang kecil.


Referensi:

Goldstain, Murray. 2020. 12 Ways To Make Your Growing Small Business Look Even Bigger. Site: coxblue.com

Bisnis UKM. 2017. 7 Hal ini Perlu Kamu Coba Agar Bisnis Kecil Terlihat Besar. SIte: Bisnisukm.com

I
lustrasi: Designed by Luis_Molinero. Site: Freepik.com
Artikel selanjutnya