Administrator 154 post
Pegiat UKM Hebat

AKTIF MEMBANGUN UNIT USAHA BERSAMA YANG POSITIF

Share : 31 March 2020

Awal terbentuknya Unit Usaha Bersama Waru Manufaktur Indonesia (WMI) dikarenakan adanya keinginan dari para UMKM Manufaktur di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, khususnya anggota komunitas Waru Manufacturing Parts (WMP) yaitu semangat kebersamaan untuk memenuhi kebutuhan pokok anggotanya dalam menyediakan alat-alat dasar perbengkelan dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Pembentukan WMI mulai diwacanakan sejak Rapat Akhir Tahunan (RAT) WMP tahun lalu pada Desember 2018, dan mulai persiapan awal pada Januari hingga April 2019. 

Sebagai salah satu anggota WMP, Robbi Mas Sidarta, atau yang akrab dipanggil Robbi, memiliki usaha bernama Sentra Mitra Mandiri, yang dulunya bernama Sentra Scaffolding. Di usianya yang muda menjadi peluang bagi Robbi untuk sangat aktif dalam mempersiapkan pra koperasi, terutama saat diajak berdiskusi terkait Sektor Unggulan dengan LPB Waru. Robbi juga aktif ikut mencari lokasi pendirian WMI sebagai tempat berjualan alat-alat penunjang produksi. Selain itu, Robbi juga membantu mencari supplier alat-alat produksi di Sidoarjo dan Surabaya untuk dijual di WMI, serta mempersiapkan pelegalan WMI dengan berkoordinasi ke Dinas Koperasi Sidoarjo. Atas keaktifan, rasa tanggung jawab, dan rela berkorbannya, Robbi secara resmi terpilih sebagai Ketua WMI pada 4 September 2019 di Kantor LPB Waru, Sidoarjo, melalui penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Koperasi WMI yang dihadiri oleh Kepala Departemen Pelatihan dan Pendampingan YDBA, Aloysius Daniel Harbianto, serta anggota-anggota WMI lainnya. 

Jumlah anggota WMI sementara masih 13 UMKM yang terdaftar. Robbi berharap agar pada tahun 2020 mendatang akan ada penambahan anggota minimal 7 UMKM, guna memenuhi persyaratan perizinan koperasi. Untuk mencapai penambahan anggota sesuai standar perizinan koperasi, Robbi melakukan pendekatan dengan UMKM Manufaktur lainnya dengan memberikan informasi nilai plus dari WMI itu sendiri. “Selain margin profit, komitmen kebersamaan serta kepercayaan antar anggota menjadi modal WMI untuk maju. Pekerjaan yang turun ke saya, saya bagikan lagi ke teman-teman yang belum masuk anggota dengan sistem terencana, mudah-mudahan dari situ mereka tertarik untuk bergabung ke WMI,” jelas Robbi. 

Kegiatan WMI saat ini adalah berfokus dalam menjual alat-alat penunjang produksi seperti kawat las, batu gerinda, dan lain-lain. Kedepannya, pada RAT Desember 2019, Robbi berencana akan mengajukan penambahan produk dies centre. WMI mendapatkan alat-alat penunjang produksinya berkat dari relasi dan rekomendasi dari beberapa anggota WMI. Robbi selalu mengajak para anggota WMI untuk memberikan rekomendasi tempat pembelian alat-alat yang lebih murah lagi agar mereka juga bisa turut berkontribusi bagi kemajuan usaha bersama. 

Agar setiap anggota WMI terus berkomitmen dalam jangka panjang, mereka diwajibkan mengumpulkan simpanan pokok sebesar 5 juta rupiah dan simpanan wajib sebesar 300 ribu rupiah per tahun. Toko pun disewa oleh Robbi selama 5 tahun dengan harga sewa 4 juta per tahun. Ini merupakan bentuk komitmen lain bagi mereka selain dalam bentuk penerapan Ringkas, Rapi Resik, Rawat, dan Rajin (5R) di tempat usaha masing-masing.

Pertemuan anggota-anggota WMI dilaksanakan minimal satu kali dalam sebulan. Jika diperlukan, pertemuan bisa dilakukan lebih dari sekali dalam sebulan tergantung urgensinya. Tantangan terberat Robbi sebagai menjadi Ketua WMI adalah kesulitan mengatur anggota-anggota yang semuanya sudah memiliki posisi sebagai pemimpin perusahaan. Mereka pun pasti juga memiliki kesibukan masing-masing di tempat usahanya. “Sungguh susah sekali, tapi dari awal bertugas, kita sudah berkomitmen melayani, tapi bukan sebagai pelayan. Kita harus menjalin relasi yang baik dengan lainnya,” kata Robbi. WhatsApp dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan anggota-anggota WMI lainnya, sehingga Robi bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengadakan pertemuan bersama.

Di samping rencana melakukan penambahan anggota, Robbi bersama WMI dan LPB akan membahas Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), di mana salah satunya akan membahas pemilihan pengurus WMI yang akan diadakan dalam waktu dua tahun sekali. Sehingga nantinya, setiap anggota memiliki peluang dan amanah untuk memimpin unit usaha bersama ini.

Artikel selanjutnya