Administrator 130 post
Pegiat UKM Hebat

BEBAS HAMA DENGAN PESTISIDA ALAMI

Share : 29 December 2020

Terdapat beberapa jenis hama yang selalu menjadi momok bagi para petani. Hal ini dikarenakan tumbuhan yang sudah terserang hama menjadi mati atau sulit untuk berkembang. Bahkan, tidak jarang hama menyebabkan kegagalan panen. Menurut Kementerian Pertanian, hama adalah hewan yang merusak tanaman atau hasil tanaman karena aktivitas hidupnya. Umumnya, terdapat 1.800 hewan yang menjadi hama bagi tanaman, seperti kelompok cacing (vermes), serangga (insecta), hewan berbuku-buku (arthropoda), amfibi, binatang melata (reptil), burung, dan binatang menyusui (mamalia).

Meski sebetulnya hama adalah hal yang biasa terjadi pada budidaya berbagai tanaman. Namun, untuk meminimalisir dampaknya, hama perlu diatasi dengan cepat. Penanganan yang ampuh yaitu dengan menggunakan pestisida. Namun, pestisida berbahan kimia berpengaruh kurang baik pada kesehatan, terlebih jika disemprotkan pada tanaman sayur dan buah yang dikonsumsi. Maka dari itu, terdapat beberapa bahan organik yang dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami, diantaranya:

1.       Campuran Cabai Merah Kering

Untuk membuat semprotan cabai, campur 1 sendok makan bubuk cabai dengan 1 liter air dan beberapa tetes sabun cair ringan. Diamkan hingga dingin, lalu saring bahan cabai, tambahkan beberapa tetes sabun cair ke dalamnya dan semprotkan sesuai keinginan.

2.       Bawang Putih

Ambil 2 umbi bawang putih utuh dan haluskan, lalu tambahkan sedikit air. Biarkan campuran tersebut menyerap semalaman. Setelah itu, saring ke dalam wadah atau stoples, tambahkan 1/2 cangkir minyak sayur (opsional), 1 sendok teh sabun cair ringan, dan air sampai stoples terisi penuh. Kemudian 1 cangkir campuran bahan tersebut dicampur dengan 1 liter air dan semprotkan atau siramkan pada tanaman yang terinfeksi hama.

3.       Daun Tomat

Tanaman tomat mengandung alkaloid, yang secara tepat dapat mengendalikan kutu daun dan serangga lainnya. Untuk membuat semprotan daun tomat sebagai insektisida alami, potong 2 wadah daun tomat segar (yang dapat diambil dari bagian bawah tanaman) lalu campur dengan 1 liter air, dan biarkan mereka bekerja semalaman. Saring bahan tanaman dan semprotkan ke dedaunan tanaman.

4.       Sabun Anti Hama

Untuk membuat insektisida semprotan sabun, campurkan 1 1/2 sendok teh sabun cair ringan dengan 1 liter air, dan semprotkan campuran tersebut langsung pada permukaan tanaman yang terinfeksi. Semprotan sabun ini hanya dapat diterapkan seperlunya saja, tidak dianjurkan untuk menerapkan bahan ini pada siang hari yang panas, melainkan hanya boleh di gunakan malam hari atau pagi hari.

Tentunya bahan-bahan tersebut sangat mudah dan praktis. Basmi hama dengan bahan alami sehingga tidak menjadi perusak atau benalu bagi tanaman.


Referensi:
Idea Online
Pikiran Rakyat
Kompas.com

Referensi Foto:
Foto
Artikel selanjutnya