Administrator 145 post
Pegiat UKM Hebat

BERORGANISASI MENUMBUHKEMBANGKAN RASA BERBAGI

Share : 03 April 2020

Mardiono Auto Service merupakan bengkel legendaris Surabaya sejak tahun 1987 yang didirikan oleh Ayah Mertua Dimas, Drs. Subali Mardiono, di Dupak Baru Gang II Surabaya, dengan spesialisasi repair kaki-kaki mobil. Pada tahun 90an termasuk bengkel yang paling dicari untuk memperbaiki kaki-kaki mobil, bahkan dari luar daerah pun Mardiono Auto Service menjadi rujukan untuk repair kaki-kaki mobil.

Pada 26 Juni 2014, Dimas bersama istri meluruskan niat dan memberanikan diri untuk membuka cabang pertama kalinya di Sidoarjo dengan modal 50 juta Rupiah. “Tempat kami sewa, peralatan kami pun seadanya, sparepart pun apa adanya. Seratus persen saya dan istri tidak punya teknis dasar perbengkelan,” kata pria yang saat itu masih bekerja di Kementerian Perhubungan. Istrinya pun dulu hanya ibu rumah tangga.

Selama dua tahun kami menjalankan usaha bengkel dengan pengetahuan yang sangat minim dan penghasilan yang pas-pasan. “Uangnya yang penting cukup untuk bayar pegawai, makan, dan untuk bayar sewa tempat,” ujar Dimas. Hingga suatu ketika, Dimas diajak pemilik Setiawan Motor Service, Sujianto, untuk bergabung di HBBA Jawa Timur. Awalnya Dimas tidak mau ikut karena merasa buang-buang waktu. Namun pada bulan ketiga setelah tawaran pertama, Dimas menerima tawaran kedua dan pada pertengahan 2016 Dimas mendaftarkan diri sebagai anggota HBBA Jawa Timur. “Alhamdulillah ternyata saya sangat menyesal, kenapa tidak dari dulu saya masuk organisasi yang luar biasa ini,” ungkap Dimas. 

Dimas diperkenalkan ke LPB Waru yang aktif memberikan Pelatihan Manajemen Keuangan, Marketing, HRD, Operasional, Teknis, dan pelatihan-pelatihan lainnya. “Kami pun berusaha mengikuti semua program yang diberikan karena bagi kami itu merupakan rezeki dan anugrah yang luar biasa dan gratis pula. Siapa yang mau nolak?” kata Dimas sambil tertawa. Bagi Dimas, rekan-rekan pengusaha bengkel di HBBA Jawa Timur merupakan tempat curhat dan tempat menyelesaikan masalah apabila di bengkel ada suatu masalah. Melalui bantuan moril dari rekan-rekan HBBA Jawa Timur, Dimas semakin ‘unjuk gigi’ dan saat ini sudah berhasil mengembangkan Mardiono Auto Service di enam cabang, satu di Surabaya dan lima lainnya di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada tahun 2019, Dimas ditunjuk menjadi salah satu pengurus HBBA Jawa Timur yang membantu di bagian penelitian dan pengembangan, di mana tugas tersebut harus meneliti suatu risiko, kompetitor, supplier, customer, dan berperan serta untuk mendatangkan produk baru, inovasi baru, dan strategi baru dalam mendatangkan dan memberikan pelayanan ke customer. “Dalam  radius satu kilometer kami memiliki lima anggota HBBA lainnya. Apabila kami overload dan bukan spesialis kami, yang saya lakukan adalah mengirimkan mobil dan customer tersebut ke bengkel anggota HBBA lainnya yang mampu menerima atau memang ahlinya, agar customer nyaman dan terlayani dengan baik, “ kata Dimas menjelaskan tentang manajemen berbagi antar anggota HBBA Jawa Timur. Agar customer-nya semakin loyal, Dimas juga memberikan retention program dengan memberikan voucher  servis, memberikan aksesoris pendukung mobil, serta memberikan potongan diskon bagi customer yang telah mereview Mardiono Auto Service di Google serta mengikuti media sosial Mardiono Auto Service.


Artikel selanjutnya