Administrator 116 post
Inspirasi Wirausaha

BUDIDAYA SAYUR HIDROPONIK: SOLUSI PRAKTIS UNTUK BERTANI TANPA TANAH

Share : 10 November 2020

Sistem budidaya tanaman hidroponik dapat menjadi solusi untuk bercocok tanam dengan meminimalisir penggunaan tanah. Semenjak pandemi COVID-19, hidroponik semakin marak digeluti masyarakat. Bahkan tidak sedikit yang mengembangkannya menjadi bisnis rumahan dan mendapatkan hasil yang cukup menjanjikan. 

Hidroponik dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa tanaman sebenarnya tidak membutuhkan tanah, namun membutuhkan mineral dari tanah tersebut untuk tetap tumbuh. Berdasarkan hal tersebut, hidroponik memanfaatkan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam bentuk cair dengan cara disiramkan. Tanaman akan ditempakan atau ditanam di dalam polybag berukuran diameter 30-40 cm yang telah diisi arang sekam. Kemudian, dipasang selang kecil di setiap tanaman sebagai alat untuk menyalurkan unsur hara tersebut. Cara budidaya ini dinilai dapat membuat sayuran terbebas dari hama dan penyakit.

Biaya yang dibutuhkan untuk memulai budidaya hidroponik ini cukup beragam. Jika menggunakan media tanam dengan pipa paralon, biaya bisa mencapai Rp 1,1 juta. Namun, banyak instalasi media tanam dengan biaya dibawah Rp 1 juta dengan spesifikasi yang lebih sederhana. Bahkan media tanam hidroponik juga bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti botol bekas dan kain yang tidak terpakai. Media tanam tersebut dibutuhkan sebagai investasi awal dalam hidroponik, namun hidroponik merupakan sebuah cara yang paling hemat untuk mendapatkan sayuran sehat. 

Beberapa jenis sayuran yang dapat dikembangkan menggunakan teknik hidroponik diantara lain kangkung, kale, sawi, selada, pakcoy, seledri, pagoda, bayam merah, bayam hijau dan lain-lain. Jika sayuran melalui media tanam hidroponik telah panen, harga per kilogram kale bisa dijual hingga mencapai Rp 120.000, selada Rp 40.000, dan sawi Rp 35.000. Meski lebih mahal dibanding sayuran di pasar, namun sayur hasil hidroponik semakin banyak dicari.

Foto: foto/istockphoto


Baca selengkapnya di artikel "Tanaman Hidroponik, Cara Menanam dan Manfaat Bertani Tanpa Tanah", https://tirto.id/ek6c

Referensi:

https://money.kompas.com/read/2020/07/10/070600926/minat-budidaya-sayur-hidroponik-di-rumah-segini-modalnya?page=all

https://tirto.id/tanaman-hidroponik-cara-menanam-dan-manfaat-bertani-tanpa-tanah-ek6c

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200608194411-284-511192/cara-mudah-menanam-hidroponik-dengan-botol-bekas



Artikel selanjutnya