E.P.Christ 2 post
Inspirasi Wirausaha

Bukan Sekedar Kemasan Daur Ulang

Share : 11 August 2018

Sudah lebih dari 30 tahun lalu, pemerintah Jerman telah menerapkan kebijakan konsep produk 'pengambilan kembali sumber daya alam' (reduce, reuse, recycle). Seorang anak muda asal Indonesia bernama Darius Tamizi, pulang ke tanah air seusai meraih gelar Dipl-Ing Univ di salah satu universitas di Jerman.

"Saya ingin mengaplikasikan konsep produk ramah lingkungan dalam perusahaan," ujar Darius Tamizi (Chairman PT Puas Jaya Perkasa) saat ditemui di Booth Pameran Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018.

Darius menyatakan bahwa produk ramah lingkungan bagi para pelanggannya, merupakan wujud nyata peran serta mengurangi pemanasan global yang sudah dalam taraf sangat memprihatinkan.

Perusahaan milik keluarga yang berkecimpung dalam bidang industri kemasan di kota Medan Sumatera Utara, berusaha dikelolanya dengan mempraktekkan produksi berbasiskan industri ramah lingkungan. PT Puas Jaya Perkasa (PJP) yang berdiri pada tahun 2005, menyediakan berbagai macam produk jenis kemasan Molded Fibre/Pulp Paper.

Kemasan ini telah dipergunakan secara luas baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dalam hidup keseharian, ada produk yang sangat memegang peran penting namun sering terlupakan. Misalnya kotak/tatakan telur (egg tray). Ada beberapa keuntungan dengan penggunaan molded fibres, antara lain anti statis sehingga produk lebih aman, mudah dalam pengaplikasian, serta dapat disusun berjenjang sehingga hemat biaya penyimpanan dan pengiriman.

Dalam GIIAS 2018 yang berlangsung 2-12 Agustus 2018 ini, PJP berkesempatan mendisplay berbagai produk kemasan seperti tatakan telur, buah, sayuran, serta pelindung pelindung botol wine, aki kendaraan bermotor. 

Bergabung ke dalam program pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), tak hanya mendapat pelatihan dan pendampingan intensif. Berbagai macam akses pasar dan sumber pembiayaan/permodalan, turut menjadi salah satu vitamin utama kekuatan pengembangan usaha.

Salah satu produk kemasan PJP telah tersemat dalam salah satu produk PT. Astra Otoparts Tbk, yang berupa bagian pelindung produk dari aki GS-Astra.

"Kepuasan dan kebutuhan pelanggan adalah dasar keberhasilan kami," ungkap Darius.

PJP turut mendengarkan pendapat/suara dari para konsumen, dalam penyediaan produk yang berkualitas. Ini juga ditunjang dari konsep perusahaan yang sangat berusaha menjaga kelestarian lingkungan. Bukan sekedar kemasan daur ulang. Pelanggan puas, perusahaan jaya, dan bumi tetap terjaga keperkasaannya.

Adi 0 post
Wah keren nih!
Edison 0 post
Nilai tambah yg dihasilkan sangat besar. Mudah2an PJP dapat meraih title UKM Mandiri dari YDBA.
Uli 0 post
Wah abru tahu peranan PJP, makasih sdh sharing ya
Masnaria 0 post
Congratulation ya pak..., udh terdaftar sbg supllier utk PT. Astra Otoparts Tbk. 🤝👏👏👏. I'm proud of you.. Smoga PT. PUAS makin berjaya, seperti namanya "PUAS JAYA PERKASA". 💪💪💪👍😊
Artikel selanjutnya