Administrator 60 post
Kisah UKM Hebat

Elang Jagad, dari Ngingas hingga menjadi supplier Astra

Share : 17 October 2018
Tidak pernah terbayang oleh Bambang, seorang pandai besi sejak tahun 2001 asal Waru, Sidoarjo akan menjalin komunikasi dengan perusahaan besar sekelas PT Astra Honda Motor. Kreativitasnya dalam membuat produk berbahan dasar logam membawa Bambang bertemu dengan LPB YDBA di Waru Sidoarjo pada tahun 2007.

Bergabung dengan LPB dan mengikuti Pelatihan Basic Mentality adalah hal yang berbekas di hati Bambang hingga saat ini. Tidak pernah mengira di pikiran Bambang, bahwa ada ilmu tersendiri bagi seorang pengusaha untuk membentuk mentalnya.

Semua semakin seperti mimpi ketika Bambang dan anggota UKM Manufaktur asal Waru lainnya berkunjung ke Pabrik Pembuatan Sepeda Motor di PT Astra Honda Motor, Cibitung. “Melihat motor keluar dalam waktu 22 detik, rasanya luar biasa, takjub dan bingung kenapa bisa seperti itu,” ujarnya. Beberapa teman Bambangpun tidak percaya dan merasa tidak mungkin untuk melakukan hal tesebut.

Namun, siapa yang tahu? Berkat  kreativitas dan selalu ingin belajar yang Bambang serta teman-teman nya lakukan, membawa peluang sendiri bagi mereka untuk mengembangkan usaha pandai besinya tersebut.

Pada tahun 2010, Bambang membentuk usaha perseorangan yang diberi nama Elang Jagad. Di tahun tersebut juga, bersama LPB Bambang mulai berkenalan dengan 5R, manajemen bisnis, pembukuan, pengenalan teknologi dll.

Semangat untuk berkembang menjadikan Bambang dipercaya menjadi salah satu bagian dari Sektor Unggulan yang dirintis oleh YDBA sebagai program unggulannya sejak tahun 2015. Program Sektor Unggulan tersebut difokuskan YDBA kepada UKM Logam di Waru, Sidoarjo yang saat ini difokuskan pada 4 UKM yang komitmen dalam pengembangan sektor unggulan tersebut.

Komitmen Bambang terhadap program ini ditunjukkan dengan banyaknya perubahan yang terlihat di Elang Jagad. “Sebelumnya tempat usaha kami tidak rapi, sekarang kami sadar mengenai 5R”, ucap Bambang.

Melalui program sektor unggulan juga, Bambang diberi wawasan baru mengenai masalah produksi, manajemen bisnis, penggunaan teknologi hingga mencari dan menghadapi customer. Sektor unggulan juga menambah banyak wawasan melalui sharing knowledge yang YDBA dan LPB berikan melalui berbagai narasumber, terutama Grup Astra.

Bambang percaya, melalui sektor unggulan yang saat ini menjadi salah satu pencapaiannya  memberikan kesempatan kepada Bambang dalam memperluas relasinya. “Saya senang sekali banyak teman. Saya percaya suatu saat teman akan membawa kebaikan untuk saya. Dan program ini menjadi ajang untuk saya memperluas relasi dan menambah teman”, ucap Bambang.
Saat ini, Elang Jagad dipercaya menjadi salah satu supplier PT Rachmat Perdana Adhimetal yang merupakan 1st Tier PT Astra Honda Motor. “Saya berharap, suatu saat nanti, Elang Jagad bisa menjadi 1st tier PT Astra Honda Motor”, ujar Bambang dengan penuh harapan.
Artikel selanjutnya