E.P.Christ 2 post
Kolom

Hebatnya UKM YDBA, Tersenyumlah Dalam Tidurmu!

Share : 12 October 2018

 

Foto: Christ

Nah, sudah pada lihat kan foto diatas ini. Kalau melihat gambar di kaos (t-shirt) berwarna merah tersebut, pastinya sih seorang wanita. Pastinya lagi sih seorang anggota tim Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Ayo tebak, Siapa Dia? 

Nah, pada 4 Oktober 2018 lalu sekitar 100 lebih para pemilik maupun perwakilan direksi UKM melakukan kumpul bersama (gathering). Bertempat di Kantor Astra Life di kawasan Pondok Indah Tower 3 Jakarta Selatan, mereka menyerap pengalaman dari strategi pengelolaan layanan pelanggan ala Astra Life. 

Lalu para UKM juga mendengarkan sosialisasi mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari PermataBank. Tak hanya itu saja, ada 3 UKM mitra YDBA berkesempatan memamerkan produknya lho. Namun tak semua UKM dapat hadir lho, hanya UKM yang tetap tercatat aktif memiliki keanggotaan (membership) YDBA saja ya. 

"Tercatat secara statistik ada 10.374 UKM yang telah mengikuti kegiatan YDBA selama 38 tahun," ungkap Henry C Widjaja (Ketua Pengurus YDBA) saat memberikan sambutan pembuka. 

Henry C Widjaja menjelaskan dalam empat tahun terakhir ini, YDBA mulai merapikan database para UKM yang pernah mengikuti kegiatan YDBA. Tercatat 3.000-an UKM masih didapat kelengkapan datanya. Diharapkan semuanya dapat memperbaharui data dan selalu mengaktifkan membership YDBA-nya, dimana nantinya YDBA akan dapat memberikan perhatian yang lebih bagi membership-nya. 

Henry C Widjaja juga mengingatkan Program Sektor Unggulan (Sekung) YDBA, yang membentuk komunitas-komunitas sebagai wadah para UKM dalam industri sejenis untuk dapat berkolaborasi dalam mencapai kemandirian usahanya. 

Komunitas UKM ini akan menggunakan metodologi dan sumber daya YDBA, yang akan terkoneksi dalam sebuah ekosistem yang saling menguntungkan dengan Grup Astra. Kompetensi akan pengetahuan, ketrampilan dan akses pemasaran, UKM dalam sektor unggulan akan dipercepat untuk dapat naik kelas dan dapat awet. Contohnya adalah UKM yang berawal dari skala industri rumahan, akan dapat bertransformasi menjadi supply chain industri besar.

Gambar: YDBA

"Diskon jasa 20% di Bengkel Binaan YDBA," kata beberapa emak-emak pemilik UKM, ketika menjawab lemparan pertanyaan manfaat apa saja yang diterima dengan keanggotaan (membership) YDBA.
Itulah manfaat yang paling gampang diingat oleh emak-emak.

Banyak manfaat yang akan diperoleh dari program Membership YDBA, antara lain akan mendapatkan satu kali pelatihan gratis di YDBA pusat dalam satu tahun sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ada pula pendampingan gratis sebanyak dua kali kunjungan (visit) dari YDBA pusat. 

Melalui e-mail dan sms blast, UKM akan mendapatkan informasi kegiatan pelatihan termasuk program pelatihan ke luar negeri. Kemudian akan dikirimkan Majalah YDBA ketika setiap kali terbit. Nah, selain lewat majalah ini, UKM akan dipromosikan pula melalui media sosial YDBA dan e-catalog. 

Untuk dapat layak dipromosikan, sepenuhnya keputusan YDBA. Namun ternyata ada kewajiban yang harus telah dipenuhi untuk dapat dipromosikan, yakni apabila telah mengikuti 3 kali pelatihan dan 3 kali pendampingan di YDBA. 

"Service Excellent," kata Stephanie Arvianti Gunadi (Direktur PT Astra Aviva Life), ketika sharing mengenai bagaimana Astra Life mengelola layanan pelanggan. 

Menurut Stephanie betapa pentingnya layanan prima (service excellent) bagi perusahaan jasa asuransi jiwa seperti Astra Aviva Life. Melayani nasabah dengan baik,  tak hanya untuk memberikan kepuasan layanan namun harus mendapatkan loyalitas nasabah. 

Ketenangan pikiran (peace of mind) dan kesejahteraan merupakan hal yang ingin dibawa Astra Life ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Astra Life ingin menularkan optimisme kepada nasabah agar dapat menikmati hari ini, berani bermimpi, serta mewujudkan mimpi.

Cara berkomunikasi dengan nasabah melalui berbagai channel seperti Call Center, e-mail, walk-in, customer portal / web chat, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram). Call Center yang beroperasi 7x24 jam dalam 365 hari kerja, untuk memastikan agar nasabah dapat terlayani dengan cepat. 

Stephanie menegaskan bahwa staf Call Center harus memiliki product knowledge, disamping memiliki manner dan character yang baik. Akan dapat menjadi blunder ketika nasabah tak mendapatkan informasi produk yang sesuai kebutuhan. 

Pelayanan VIP yang prima nan istimewa kepada nasabah dilakukan dengan cara antara lain: hadir dalam momen penting nasabah seperti pendampingan nasabah saat pemeriksaan di rumah sakit/ laboratorium kesehatan, pemberian kue ulang tahun & kado Love Life bagi nasabah. 

Kemudian pelayanan prima seperti pengambilan dokumen klaim langsung ke nasabah, jalur khusus & servis VIP, proses klaim yang cepat, serta program pelayanan khusus seperti program kelas sehat seperti yoga/zumba, kunjungan dokter gratis sebagai bagian program kesehatan untuk karyawan.

Foto:Christ

Sementara Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dipresentasikan oleh PermataBank, membuat semangat para peserta  jelang datangnya siang hari. KUR PermataBank ini merupakan Kredit Tanpa Agunan yang memiliki mekanisme blokir, dimana plafon kredit mulai Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta.

KUR PermataBank yang ditujukan bagi pengusaha baik perorangan maupun perusahaan (CV, PT), dengan usaha produktif yang telah berjalan minimal 2 tahun. Dengan jangka waktu 1 hingga 4 tahun, KUR PermataBank dapat digunakan sebagai modal kerja dan investasi untuk pengembangan usaha.

Nah, ada yang patut diperhatikan adalah calon debitur tidak sedang menerima  KUR dari bank lain. Kemudian juga sedang tidak menerima kredit selain kredit konsumer (KPR, CC, Leasing). Eh tapi, catet ya, KUR PermataBank ini hanya tersedia di kota Medan, Jabotabek, Karawang, Bandung, Semarang, Malang, Surabaya, Bali.

Janji Astra Life yang memberikan perlindungan bagi masa depan nasabahnya. Begitu pula YDBA yang memfasilitasi UKM agar dapat Naik Kelas dan Awet Berkelanjutan. Hebatnya UKM Mitra YDBA, Tersenyumlah Dalam Tidurmu!

Artikel selanjutnya