Kisah UKM Hebat

Industri Kecilpun Harus Berani Mencoba

Share : 29 April 2019

Hampir semua orang memiliki impian menjadi pengusaha yang besar dengan omset yang tinggi. Termasuk, Widayat seorang pandai besi asal Klaten yang memasuki dunia bisnis sejak tahun 2013.

                   

Berawal menjadi seorang karyawan yang membuat cetakan batako, Dayat sapaan akrab pria berusia 39 tahun ini mencoba mengubah nasibnya menjadi seorang pengusaha. Berani mencoba dan berani untuk pusing, Dayat mengerjakan berbagai produk yang memiliki potensi baik untuk kantong pribadinya. Mulai dari cetakan batako, membuat cangkul hingga membuat aksesoris sepeda motor, Dayat kerjakan untuk memenuhi kehidupan dan meningkatkan skill nya sebagai pandai besi. “Industri kecil seperti saya ini harus berani mencob, biar penghasilan meningkat kompetensi juga meningkat. Rata-rata, pandai besi di sini tidak mau ambil pusing membuat produk baru, tapi dengan penuh keoptimisan, saya percaya bahwa berani mencoba dan berani berkreativitas akan membuahkan hasil yang manis”, ujar Dayat.

 

Dengan tangannya sendiri, saat ini Dayat mampu memproduksi 17 item aksesoris sepeda motor yang dijual di pasar online dengan kisaran harga Rp 350.000 – Rp 750.000/ item. “Sebetulnya, 50 item per minggu itu pasti ada pasarnya, tapi karena saya mengerjakannya sendiri, saya baru bisa memenuhi untuk 17 item tersebut. Dan bagi saya itu sudah menjadi pencapaian yang cukup baik dalam usaha ini”, cerita Dayat.

 

Selalu belajar dan menjadikan ilmu sebagai inspirasi menjadi pedoman Dayat dalam menjalankan bisnis ini. “Selalu belajar, berani dan menjadikan ilmu sebagai inspirasi, termasuk ilmu yang diberikan YDBA kepada saya, merupakan pegangan tersendiri untuk saya sebagai pengusaha kecil. Saya percaya, dengan modal berani, selalu belajar dan menjalankan ilmu yang diberikan baik dari YDBA maupun yang lain membuat saya akan lebih baik”, jelas Dayat.

 

Dayat sendiri menjadi salah satu UKM Manufaktur Mitra LPB YDBA di Klaten yang aktif mengikuti berbagai kegiatan di LPB, seperti mengikuti Pelatihan Basic Mentality, Pelatihan Dinamika Kelompok dan kegiatan lainnya.

 

Satu impian Dayat saat ini, yaitu bisa menjadi industri yang memproduksi “mass product” dan dapat mengajak para pandai besi dalam memproduksi “mass product” tersebut. Sehingga, Dayat dan Pandai Besi di Klaten dapat maju dan berkembang bersama.

Artikel selanjutnya