Inspirasi Wirausaha

Intip Perilaku Konsumen Anda

Share : 08 May 2019

Konsumen adalah orang yang membeli atau memakai suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh seorang produsen. Seorang konsumen berhak menentukan pilihannya sebelum membeli sesuatu yang diinginkannya. Sebagai produsen, tentu harus memperhatikan pola konsumen agar strategi penjualan dapat berkembang sesuai kebutuhan pasar. Untuk itu yuk perhatikan beberapa pola perilaku dari konsumen.

1.      Konsumen yang melihat dari harga

 

Untuk konsumen jenis ini, sebelum membeli sesuatu pasti akan memperhatikan harga terlebih dahulu. Lebih jeli tentang perbandingan harga dan akan membeli jika memiliki harga yang lebih murah.

 

2.      Konsumen yang tertarik karena tren

 

Konsumen yang tertarik membeli jika sedang tren di kalangan masyarakat dan bisa menjadi peluang untuk produsen karena banyak peminatnya. Konsumen jenis ini Anda bisa tawarkan sesuatu hal-hal yang baru dan sedang ramai digunakan. Konsumen akan merasakan bangga tersendiri jika memiliki sesuatu yang sedang tren.

 

3.      Konsumen yang hanya menjadi followers

 

Konsumen yang hanya melihat-lihat barang milik produsen dan baru akan membeli jika ada penawaran khusus atau sedang tren di kalangan. Untuk produsen bisa melakukan branding lebih sering agar dilirik dan dibeli oleh konsumen yang menjadi followers Anda.

 

4.      Konsumen pemula

 

Jenis konsumen pemula mudah untuk ditawarkan. Konsumen ini akan membeli jika ada kebutuhan yang ingin dibeli dan tidak melihat berapun harga yang ditawarkan. Karena pada konsumen pemula jika sekali melihat barang milik produsen dan tertarik langkah selanjutnya hanyalah langsung membeli tanpa banyak bertanya.

 

5.      Konsumen pelanggan

 

Konsumen yang sudah terbiasa membeli dan melakukan secara terus-menerus disebut dengan pelanggan. Konsumen ini sudah mengerti kualitas barang Anda dan memiliki ketergantungan untuk selalu membeli di tempat Anda.

 

Itu dia jenis konsumen yang harus Anda perhatikan agar target saat melakukan penawaran bisa langsung sampai kepada konsumen. Dengan demikian penjualan Anda bisa sukses dipasaran. Selamat Mencoba.

Artikel selanjutnya