Inspirasi Wirausaha

Jadikan Lingkungan Positif sebagai Tempat Belajar

Share : 04 April 2019

Sadar ataupun tidak, lingkungan menjadi salah satu faktor seseorang untuk berkembang. Lingkungan yang positif, tentu akan membawa hal positif bagi seseorang yang ada di lingkungan tersebut. Sebaliknya, lingkungan negatif akan mempengaruhi seseorang untuk melakukan hal yang negatif.

 

“Lingkungan positif di Tegal membawa saya semangat dalam menjankan bisnis baru saya. Saya tidak pernah mengira, bahwa UKM di Tegal sangatlah terbuka untuk berbagi ilmu dan kompetensinya kepada saya dari awal hingga sekarang”, ujar salah seorang UKM Tegal, Astrie dari PT Karya Manunggal Manufaktur (PT KMM).

 

PT KMM adalah salah satu perusahaan manufaktur di Tegal yang didirikan pada tahun 2017. Perusahaan yang memproduksi komponen otomotif roda-2 ini berdiri berkat dukungan UKM pilot sektor unggulan YDBA di Tegal yang mengajak PT KMM untuk bergabung dan maju bersama. “Awalnya saya kaget melihat UKM binaan LPB Tegal bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan besar yang men-supply produknya ke Astra, lalu saya bertanya bagaimana caranya, akhirnya saya diajak oleh PT FNF untuk bergabung dan mengikuti program yang dikoordinir oleh LPB Tegal,” jelas Astrie.

 

Dukungan LPB, FNF dan UKM pilot sektor unggulan tersebut memberikan semangat baru kepada Astrie untuk terus belajar, fokus dan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat saat mengikuti program yang diberikan LPB. “Saya belajar secara berkesinambungan, fokus dan memanfaatkan lingkungan postif yang datang pada saya. Saya tidak pernah ingin mendengar katanya katanya yang memberikan aura negatif kepada saya,” ucap Astrie.

 

Berbagai pelatihan diberikan LPB kepada Astrie. Astrie juga berkesempatan untuk melihat langsung kondisi bisnis yang ada di perusahaan manufaktur di Indonesia. “Saya merasa beruntung mendapatkan berbagai program di LPB. Bahkan saya hanya duduk manis dan menerima ilmu tersebut tanpa mengeluarkan biaya, menurut saya ini adalah hal yang luar biasa”, ujar Astrie.

 

Sejak September 2018, PT KMM resmi men-supply produknya ke PT Dharma Polimetal, perusahaan tier 1 PT Astra Honda Motor. Saat ini, PT KMM tengah di-develop untuk dapat bekerjasama dengan perusahaan lain, salah satunya PT Mada Wikri Tunggal yang merupakan UKM Mitra YDBA dan tier 1 PT Astra Honda Motor.  Ke depan, PT KMM berharap dapat meng-upgrade kompetensinya, sehingga dapat memperluas pasar yang ada dan meningkatkan order di perusahaan saat ini.  

 

“PT KMM adalah salah satu UKM yang menunjukkan progress yang baik. Walaupun UKM ini baru, tapi berkat semangat sang pemilik, PT KMM banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti PT Dharma Polimetal dan PT Mada Wikri Tunggal. Manajemen yang baik diperlihatkan PT KMM ketika kritik dan saran langsung ditindaklanjuti oleh perusahaan ini”, ujar Nita, Tim LPB Tegal.

 

Artikel selanjutnya