Kisah UKM Hebat

Kasiadi : Bertahan dengan Pantang Menyerah dan Berinovasi

Share : 27 December 2018
Berawal dari sebuah bengkel bubut yang berdiri pada tahun 2003, UD KS Pro yang saat ini menghidupi 20 karyawan di kawasan Waru, Sidoarjo terus mempertahankan dan mengembangkan usahanya dalam membuat berbagai komponen maupun aksesoris sepeda motor roda-2.  Usaha yang bergerak di industri logam ini didirikan Kasiadi dengan cita-cita menjadikan UD KS Pro sebagai salah satu perusahaan manufaktur besar di Indonesia.
 
Berbagai suka dan duka dilalui Kasiadi selama 15 tahun menjalankan usahanya. Terjun langsung sebagai marketing, sebagai produksi, menggantikan pekerjaan karyawan yang belum kompeten hingga ditinggal karyawan membuka perusahaan yang sebidang, dilalui Kasiadi sebagai bagian dari proses menjanlakan usahanya. “Selama menjalankan usaha ini, saya pernah menjadi marketing, menggantikan karyawan dalam produksi, bahkan saya juga merasakan dua karyawan saya yang membuka usaha di bidang yang sama seperti yang saya geluti. Tapi saya merasa senang dan bangga. Artinya, mereka benar-benar menerapkan ilmunya selama bekerja di sini,” ujar Kasiadi.
 
Pantang menyerah dan selalu inovasi menjadi bagian diri Kasiadi dalam menjalankan usahanya. “Saya selalu melakukan inovasi agar tidak monoton. Dan saya berusaha mengikuti perkembangan terkini. Kalo saat ini tren nya model matic, yah saya menyesuaikan dengan cepat tren terkini,” jelas Kasiadi.
 
“Pak Kasiadi itu pengusaha yang ulet, kreatif dan selalu inovatif. Beliau tidak mudah menyerah, sosok pekerja keras, selalu cari ide untuk mempermudah proses produksi dalam rangka meningkatkan efisiensi. Di samping itu, beliau juga tidak gampang cepat puas dan selalu mencari informasi baru demi perkembangan usahanya”, menurut Bambang, salah seorang partner Kasiadi di industri logam Sidoarjo.
 
Berbagai hal dilakukan Kasiadi untuk memajukan usahanya, termasuk bergabung dengan LPB YDBA di Waru pada tahun 2011. “Tahun 2011, saya didatangi tim LPB YDBA di Waru, awalnya saya tidak tahu apa itu LPB, tapi ketika saya bergabung, ternyata LPB begitu penting dalam usaha saya. Berkat LPB, saya tahu arah perusahaan saya ke depan dan tahu bagaimana produksi yang benar dan efektif”, cerita Kasiadi.

Suasana UKM KS ProSuasana Pabrik KS Pro

Saat ini, Kasiadi menjadi salah satu UKM Pilot dalam program sektor unggulan YDBA. UD KS Pro menjadi salah satu dari 4 UKM yang diberi kesempatan YDBA untuk meningkatkan kompetensinya melalui berbagai program yang diberikan YDBA maupun ayah angkat, yaitu PT Astra Honda Motor dan PT Rachmat Perdana Adhimetal. Melalui program sektor unggulan tersebut, Kasiadi selalu berusaha menerapkan ilmu-ilmu yang telah diberikan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada YDBA maupun LPB. Berkat YDBA saya cukup dikenal saat ini, dan tentu saya selalu diundang di setiap kegiatan, sehingga tidak hanya kompetensi meningkat, namun juga teman ataupun networking bertambah,” ucap Kasiadi.
 
Saat ini, UD KS Pro bersama salah dua UKM Pilot di Waru, yaitu PT Elang Jagad dan UD Borneo  dipercaya men-supply produknya ke PT Integra Indocabinet, salah satu perusahaan manufaktur furnitur terkemuka di Indonesia yang mayoritas pasarnya adalah di Amerika Serikat. 
 
“Dengan keunggulan UD KS Pro yang mengutamakan kualitas dan inovasi, serta semangat dan pantang menyerah, saya berharap dan yakin suatu saat nanti, UD KS Pro akan menjadi salah satu perusahaan manufaktur besar yang membanggakan dan yang dimiliki Indonesia”, ujar Kasiadi saat menceritakan harapannya mengenai UD KS Pro. 

Artikel selanjutnya