Inspirasi Wirausaha

Langkah Awal Mendirikan Koperasi

Share : 12 July 2019

Koperasi merupakan usaha yang dibentuk oleh sekelompok orang atau anggota masyarakat yang mempunyai kegiatan dan kepentingan ekonomi yang sama. Dalam agenda pendirian koperasi sebaiknya didahului dengan penyuluhan kepada seluruh calon anggota sehingga memiliki persepsi yang sama. Mendirikan sebuah koperasi jumlah minimal anggotanya adalah 20 orang. Ada beberapa poin penting dalam pembentukan koperasi tersebut antara lain.

1.       Melakukan persiapan dan rapat pembentukan

Sebelum mulai mendirikan koperasi, penyuluh memberikan pengarahan sebagai tahap persiapan. Semua yang terlibat dalam pendirian koperasi diharapkan bisa mengerti maksud dan tujuan yang berhubungan dengan koperasi. Proses akhir berupa proposal yang harus dihadiri 20 orang sebagai anggota koperasi.

2.       Penyusunan anggaran dasar

Tahap selanjutnya yaitu menyusun Anggaran Dasar, setelah itu melakukan persetujuan serta pengesahan yang dilakukan oleh seluruh anggota. Adapun isi dari Anggaran Dasar adalah nama koperasi, tempat kedudukan, keanggotaan, kegiatan usaha, tujuan dan maksud pendirian koperasi. Perlu ditentukan juga masalah permodalan, pengelolaan koperasi, hal-hal yang menyangkut SHU, dan sanksi-sanksi.

3.       Pengajuan pengesahan akta

Langkah berikutnya adalah mengajukan permohonan untuk pengesahan akta dari pendirian koperasi. Pengajuan ini disampaikan pada pejabat yang berwenang. Dalam permohonan ini dilampirkan beberapa persyaratan administrasi yang berhubungan dengan koperasi yang akan didirikan. Fotocopy identitas atau KTP milik anggota-anggota yang menjadi pendiri koperasi juga harus dilampirkan, bersama dengan daftar hadir saat rapat pembentukan. Untuk koperasi yang memiliki unit usaha simpan pinjam, lampirannya akan berbeda dengan koperasi jenis lainnya.

4.       Pengesahan akta

Setelah semua langkah dilaksanakan, maka berkas disampaikan kepada pihak yang berwenang lalu segera diproses. Selanjutnya pihak terkait akan melakukan penelitian terhadap pengajuan tersebut yang meliputi penilaian berkas secara administratif serta penelitian lapangan. Jika pengajuan tersebut disetujui, maka akan diterbitkan akta yang akan diterbitkan dan disahkan melalui Surat Keputusan Menteri dan ditanda tangani Kepala Dinas kota yang bersangkutan.

Asas kekeluargaan yang dimiliki oleh koperasi Indonesia harus dapat diaplikasikan dengan benar demi terciptanya ekonomi kerakyatan yang mampu menjadi penopang perekonomian Indonesia.

Artikel selanjutnya