Inspirasi Wirausaha

Langkah Membangun SDM Untuk UMKM

Share : 07 May 2019

 

Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan sekumpulan rencana pengembangan, perbaikan, dan evaluasi karyawan agar menjadi lebih baik. Dengan kinerja karyawan yang lebih baik, bisnis yang kecil pun bisa memberikan hasil yang besar. Namun untuk mencapai tujuan itu, diperlukan Manajemen SDM untuk UMKM yang baik dan terarah. Seperti apa langkah untuk membangun SDM bagi UMKM?

1.       Membuat Struktur Organisasi

 

Suatu struktur organisasi merupakan serangkaian yang pertama harus dimiliki. Dalam struktur tersebut berguna untuk mempermudah pembagian jobdesc dalam pekerjaan.  Dengan adanya pembagian jobdesc yang jelas maka dapat meningkatkan produktifitas pekerjaan. Percayakan kepada karyawan untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan jobdesc-nya agar ke depannya usaha milik Anda bisa berkembang dengan baik.

 

2.       Mengadakan Pelatihan Untuk Karyawan

 

Serangkaian pelatihan yang dirancang khusus karyawan membuat keahliannya semakin bertambah dan feedback untuk pemilik usaha pun sangat baik jika sudah terlatih.  Selain baik dalam bekerja, pengetahuan karyawan pun perlu diberikan agar saat bekerja pun bisa mengeksplor seluruh kemampuannya demi majunya sebuah usaha. Dalam pelatihan juga dapat memberikan dampak kerja sama yang baik antara karyawan dan pemilik usaha.

 

3.       Memiliki Kebijakan Yang Baik

 

Membuat peraturan yang logis dan mampu dilakukan oleh semuanya hal penting yang harus diperhatikan. Jangan sampai aturan yang dibuat memberikan kesan untuk karyawan menjadi tertekan sehingga tidak nyaman saat bekerja. Aturan yang dibuat juga untuk ditaati bersama agar mekanisme kerja menjadi teratur dengan adanya kejelasan peraturan yang telah dibuat dan sama-sama untuk disepakati.

 

4.       Membuat Evaluasi Manajemen SDM

 

Evaluasi kerja merupakan serangkaian untuk mengetahui perkembangan seseorang dalam bekerja dan evaluasi juga bisa untuk pemilik usaha agar mengetahui kekurangan untuk diperbaiki segera mungkin. Dalam kegiatan ini bisa dijadikan peluang untuk memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah bekerja dengan baik agar lebih semangat lagi. Menghargai upaya seseorang itu sangat perlu demi terjalinnya hubungan kerja yang baik.

 

Membangun SDM dengan hal-hal yang sederhana sebenarnya mampu memberikan dampak yang baik, semoga dapat mengingatkan pentingnya SDM untuk kemajuan UMKM Anda.

Artikel selanjutnya