Inspirasi Wirausaha

Langkah Sukses Dalam Merintis Usaha Kecil-kecilan

Share : 23 September 2019

Memilih usaha untuk pemula berawal hendaknya dari yang kecil, meski tidak jarang banyak yang langsung memulai usaha dalam skala besar. Bedanya, jika memulai dari kecil Anda akan merasakan proses naiknya sebuah usaha yang ingin dibangun. Tidak ada salahnya dalam memulai bisnis baik dari kecil atau besar. Berikut langkah sukses dalam merintis usaha kecil-kecilan.

 

1.      Pilih bisnis dengan baik

 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih bisnis yang akan Anda buat. Pikirkan dengan baik apakah Anda akan memulai bisnis dengan membuka online atau offline. Tentukan potensi bisnis yang Anda pilih untuk perkembangan ke depannya. Melihat potensi pasar juga harus dilakukan agar bisnis Anda yang miliki mampu bersaing.

 

2.      Bentuk tim yang profesional

 

Cari rekan bisnis yang sejalur dengan visi misi Anda. Memilih rekan bisnis yang baik akan mempermudah dalam menjalankan bisnis yang Anda miliki. Ketika rekan Anda mampu bekerja dengan profesional sesuai dengan harapan, bisa dipastikan semua berjalan dengan lancar. Jadikan rekan bisnis Anda sebagai tempat bertukar pikiran dan jika bisa modal yang digunakan untuk membangun bisnis dilakukan secara patungan dengan rekan Anda.

 

3.      Memiliki legalitas

 

Meskipun hanya bisnis kecil-kecilan, legalitas juga sangat diperlukan. Pengakuan secara sah harus dimiliki agar usaha Anda tidak ditiru oleh pesaing lainnya. Legalitas juga bisa menjadikan usaha Anda muda dikenal oleh pelanggan. Setelah legalitas sudah diperoleh, untuk ke depannya Anda bisa melakukan kerja sama oleh pihak mana pun karena Anda sudah mengantongi izin.

 

4.      Membentuk strategi pemasaran

 

Dengan membentuk strategi pemasaran dengan tepat, maka posisi usaha Anda akan semakin kuat dengan persaingan. Memiliki strategi pemasaran diwajibkan untuk setiap pemilik usaha. Karena produk Anda akan terbantu dengan adanya pemasaran untuk dikenal dan mendapatkan target pembeli.

 

Jadilah pengusaha yang pantang menyerah dalam menghadapi segala persaingan. Karena pemenang berasal dari orang-orang yang berusaha dengan giat dan gigih.

 

Sumber: http://entrepreneurcamp.id/merintis-usaha-kecil/

 

Artikel selanjutnya