Hendra 2 post
Inspirasi Wirausaha

Manajemen Kolam Ikan

Share : 22 August 2017

KOLAM

Tidak asing lagi dipendengaran kita dengan kata KOLAM, khususnya dalam pengembangan usaha pembudidayaan ikan. Kolam sendiri merupakan media hidup benih,indukan,ataupun hewan ikan yang siap diperjualbelikan.

Kolam ini sendiri merupakan faktor penting dalam keberhasilan budidaya ikan..., salah membuat kolam,fatal akibatnya. Salah memanajemen kolam,nihil hasilnya.

Jenis-jenis kolam ikan yang akan digunakan sangat tergantung dengan sistem budidaya yang akan diterapkan, Ada tiga jenis sistem budidaya ikan air yang biasa dilakukan, antara lain :

1. Sistem budidaya ekstensif, kolam yang keseluruhan terbuat dari kolam tanah,dan kolam terpal yang medianya bisa tanah dilapisi terpal dapat pula terbuat dari besi,kayu dan dilapisi oleh terpal.

2. Sistem budidaya semi intensif,kolam ini dibangun dengan bahan keseluruhan dikelilingi beton/tembok dengan dasar tanah,metodhe ini dapat dimodifikasi dengan memberikan jaring gantung didalam kolam tersebut ( bertujuan memudahkan proses panen dan sortir ikan )

3. Sistem budidaya intesif, nah kolam ini secara keseluruhan terbangun berbahan beton/tembok ( dinding dan dasar kolam ), tentu pengguna kolam ini harus memperhitungkan biaya lebih besar.

Pembudidaya ikan air tawar khususnya dapat menyesuaikan kebutuhan,dana serta ketersediaan lahan. karena tidak cukup satu kolam yang dibutuhkan. Sebagai penggiat usaha perikanan harus pula memiliki beberapa kolam yang diperuntukan :

1. Kolam Indukan
2. Kolam Pemijahan
3. Kolam Penetasan
4. Kolam Pemeliharaan/Pembesaaran (tergantung segmen)

Nah masuk ke intisarinya, kolam yang dapat dinyatakan layak wajib memiliki kreteria berikut :

- tidak terlalu sempit.
- tidak bocor,retak,robek.
- selalu terjaga kebersihan kolam/terhindar dari parasit yang merugikan ( ingat 5R - Rajin,Rapi,Resik,Ringkas,Rawat).
- tersedia pembuangan air yang lancar
- tersedia instalasi pengisian air ke kolam yang mudah terjangkau.
- memiliki kolam kecil pada saat panen bertujuan memudahkan pemilahan indukan dan benih baru netas
- memiliki ruang pencahayaan dari matahari
- aman dari pemangsa ( burung,kodok,biawak apalagi dari buaya ).
- pengapuran bila diperlukan dan pemberian kompos

Usaha yang maksimal akan membuahkan hasil yang memuaskan. 

Artikel selanjutnya