Inspirasi Wirausaha

Manfaat Perizinan yang diperoleh Bagi UMKM

Share : 13 September 2019

Untuk sebagian pemilik UMKM masih belum menyadari manfaat yang didapat jika usahanya sudah memiliki izin. Padahal ada banyak yang akan diperoleh apabila usaha tersebut sudah diakui sesuai standar yang diberikan pemerintah. Lalu apa saja manfaat tersebut untuk pemilik UMKM jika usahanya memperoleh izin?

1.      Lebih dipercaya

 

Untuk pemilik UMKM yang memiliki perizinan, ada poin pertama yang sangat bermanfaat yaitu lebih dipercaya. Baik dalam produk yang dimiliki maupun dalam kegiatan lainnya. Salah satunya, jika pemilik UMKM ingin mengajukan pinjaman dana usaha, maka untuk persyaratannya akan lebih mudah karena telah memiliki izin usaha yang sudah diakui dan dapat dipertanggung jawabkan. Kepercayaan inilah yang tidak bisa didapatkan dengan mudah.

 

2.      Akses lebih luas

 

Akses jangkauan penjualan bisa lebih luas, bahkan bisa sampai go international. Perizinan yang sudah dimiliki bisa dijangkau ke segala tempat untuk pemilik usaha. Sebagai contoh, pemilik UMKM bisa memasukkan produknya ke pasar modern dan bisa jauh lebih dikenal oleh masyarakat.

 

3.      Menambah rasa percaya diri

 

Secara langsung, pemilik usaha bisa memiliki rasa percaya diri jika produk yang dimilikinya sudah memiliki izin. Pemilik usaha bisa dengan mudah bersaing dengan produk lainnya. Para konsumen pun akan memilih produk-produk yang memiliki izin dan aman digunakan. Pendapatan usaha juga bisa dengan jelas diperoleh.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika usaha milik Anda telah memiliki izin. Silahkan dicoba.

 

Sumber:

https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/88#Pentingnya%20Perizinan%20bagi%20UMKM%20yang%20Ingin%20Naik%20Kelas

Artikel selanjutnya