Inspirasi Wirausaha

Membangun Bisnis Lewat Media Sosial Instagram

Share : 08 March 2019

Semakin maju perkembangan teknologi semakin banyak juga penggunanya. Salah satu media sosial yang sedang banyak dinikmati oleh kalangan masyarakat yaitu media sosial instagram. Fitur-fitur yang tersedia begitu lengkap seperti ada message, stories, feed, live, hingga IGTV yang baru-baru ini hadir di dalamnya. Fasilitas tersebut dapat digunakan dengan baik bagi pengguna bisnis dalam menyapa pelanggan atau mengeksplor foto-foto kebutuhan bisnis. Apa saja manfaat fitur Instagram yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis Anda?

1.      Feed Instagram

Dalam mengunggah foto-foto agar terlihat lebih menarik konsumen dan terlihat rapi harus dilakukan dengan mendesain feed Instagram. Gunakan desain yang memiliki ciri khas dari suatu usaha yang dimiliki. Setelah didesain barulah foto bisa diunggah dengan tata letak yang disesuaikan untuk kebutuhan bisnis Anda. Feed Instagram yang terlihat bagus juga dapat meyakinkan konsumen kalau produk yang dihasilkan sangatlah berkualitas.

                                                                                    

2.      Message

Fitur message yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk konsumen supaya lebih mudah bertanya langsung dengan pemiliknya. Pastikan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami sehingga konsumen merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan.

                                                        

3.      Stories

Untuk pemilik usaha, kegiatan ini bisa sangat dimaksimalkan karena kebanyakan pengguna Instagram sering membuka stories. Mempromosikan dengan cara langsung bisa membuat konsumen yakin jika akun Instagram pemilik bisnis aktif dan bukan akun palsu. Mengenal pemilik juga perlu dilakukan lewat stories agar konsumen tidak merasa tertipu akibat berbelanja online. Media pendekatan seperti ini yang banyak dicari oleh konsumen untuk yakin terhadap suatu produk.

 

4.      Hashtag

Menggunakan hashtag menjadi salah satu cara untuk menaikkan jumlah pengunjung Instagram, agar akun bisnis Instagram anda dapat dikenal pengguna lain. Hashtag/tagar digunakan untuk menemukan banyak hal dengan mudah, tetapi dalam menggunakannya haruslah bijak dan disesuaikan dengan topik yang akan diangkat. Tagar juga dapat membuat suatu pembahasan menjadi trending topic didalam pengguna Instagram.

 

5.      Insight

 

Tersedianya insight didalam Instagram dapat membantu untuk melihat karakteristik audiens dan memperkirakan waktu dalam mengunggah. Instagram Insight sangat  membantu dalam strategi marketing yaitu adanya statistik yang dapat digunakan untuk melihat komposisi gender audiens yang melihat post, rentang usia yang melihat post, serta lokasi audiens Anda. Setelah memahami audiens, Anda bisa langsung mengatur waktu posting yang baik untuk dilihat oleh masyarakat pengguna Instagram.

Jika sudah memahami manfaat fitur yang tersedia, selanjutnya Anda bisa menyusun strategi yang baik dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan Instagram. Semakin banyak fasilitas media sosial, semakin mempermudah Anda untuk menyebarluaskan informasi terkait bisnis Anda. Bagaimana menarik bukan?

Artikel selanjutnya