Inspirasi Wirausaha

Mengenal 3M di Industri Manufaktur

Share : 28 March 2019

3M dalam produksi di industri manufaktur dikenal dengan sebutan Muda, Mura, dan Muri. Di dalam kegiatan produksi tersebut 3M harus dihindari karena menyebabkan pemborosan dalam pekerjaan. Demi meningkatnya jumlah produksi yang baik, maka dibutuhkan perhatian yang khusus.  Untuk itu perlu kenali apa saja yang ada di 3M? Yuk lihat informasinya dibawah ini.

1.      Muda (Pemborosan)

 

Muda dikenal dengan suatu kegiatan yang tidak menambah nilai kerja dan tidak menghasilkan apapun. Kegiatan pemborosan ini memiliki sebutan 7 waste atau 7 Muda. Hubungan antara pekerja dan suatu mesin yang tidak seimbang harus diperbaiki agar tidak mengalami pemborosan baik dari segi waktu, gerak, dan produksi. Jika sudah diperbaiki maka tidak akan terjadinya kesia-siaan dalam pekerjaan

 

2.      Mura (Tidak Teratur)

 

Mura diartikan dengan ketidakmerataan, ketimpangan, tidak teratur. Volume produksi atau beban pekerjaan yang selalu berubah membuat target/pencapaian pekerjaan yang diraih setiap harinya tidak teratur. Perlu adanya konsep yang pasti serta jadwal agar jumlah produksi dan permintaan bisa seimbang, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar.

 

3.      Muri (Berlebihan)

 

Muri bisa disebut dengan berlebihan terhadap mesin, peralatan, dan pekerja. Muri disebabkan oleh penempatan pekerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan jumlah mesin yang tersedia.  Kegiatan ini dapat dihindari dengan memiliki standar pada suatu produk dan sumber daya yang tersedia. Apabila telah memilki standar dalam pengerjaan, semua akan meningkat dari mulai mutu, biaya dan produktifitas.

 

Dengan mengenalnya 3M ini diharapkan ada perubahan yang terjadi dalam proses produksi dan meningkatkan kualitas bagi pemilik usaha. Mari hindari 3M di tempat kerja Anda.

Artikel selanjutnya