Administrator 154 post
Inspirasi Wirausaha

Mengenal Strategi Pemasaran Word of Mouth dalam Menjalankan Bisnis

Share : 21 July 2021

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya strategi pemasaran perlu diterapkan agar bisnis bisa terus berjalan. Ada berbagai macam-macam strategi pemasaran yang dapat dilakukan, salah satunya adalah Word of Mouth (WOM).

 

Lalu, apa itu Word of Mouth?

 

Sesuai dengan namanya, Word of Mouth adalah suatu proses pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut seseorang.

 

Dilansir dari Marketingterms.comWord of Mouth adalah metode pemasaran yang mengandalkan interaksi sosial biasa untuk mempromosikan produk.

 

Sedangkan menurut Investopedia.com, Word of Mouth adalah ketika minat konsumen pada produk atau layanan perusahaan tercermin dalam dialog sehari-hari.

 

Misalnya, ada seorang pelanggan yang sangat menyukai produk tertentu. Tidak hanya sekadar menyukai saja, ia juga sering membicarakan produk tersebut kepada orang lain.

 

Review yang diberikan tentulah yang bersifat positif. Hal ini akan mempersuasi dan menyakinkan orang lain untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut.

 

Jadi sadar atau tidak, ia telah membantu brand menyebarkan informasi mengenai produk tersebut dan melakukan Word of Mouth.

 

Apa kelebihan pemasaran Word of Mouth bagi UMKM?

 

1.    Tidak membutuhkan biaya besar

Strategi pemasaran ini lebih terlihat simpel dan tidak membutuhkan biaya yang besar, namun memiliki tingkat efektif yang cukup besar. Sangat pas digunakan bagi UMKM untuk membangun kesadaran (awareness) konsumen akan produk atau jasa mengenai brand yang ditawarkan. 

2.              Membangun nama brand

Menurut Chron, menggunakan Word of Mouth marketing akan membantu brand menjadi terlihat lebih kredibel.

Setelah banyak orang yang percaya dengan produknya, tentu saja brand juga akan semakin dikenal.

Namun, jangan lupa untuk terus melakukan upaya branding lainnya. 

3.    Meningkatkan Kepercayaan

Word of mouth akan terjadi saat ada seorang pelanggan yang merasa sangat puas dalam menggunakan suatu produk. Jadi, dengan meningkatkan kepuasan yang diterima oleh pelanggan, ia akan semakin percaya dengan brand tersebut.
 

Kemudian, bagaimana cara mendapatkan Word of Mouth yang positif dari pelanggan?

Agar bisa meraih Word of Mouth yang positif, perhatikan cara berikut agar bisa berjalan dengan efektif.

1.    Berikan layanan terbaik

Jika pelanggan merasa puas dengan produk dan layanan yang diberikan, ia akan memberikan review dan testimoninya di toko online Anda ataupun menceritakan secara langsung kepada orang-orang di sekelilingnya. Baik itu melalui media sosial, website, ataupun marketplace.

Jangan lupa, jika sudah mendapatkan testimoni dari pelanggan Anda, tidak ada salahnya untuk mengunggah di akun bisnis media sosial, agar meyakinkan calon konsumen yang tertarik dengan produk bisnis Anda. 

2.    Siapkan Media Komunikasi

Untuk memudahkan pelanggan dalam memberikan masukan ataupun review terhadap produk bisnis Anda, berilah ruang bagi mereka untuk berkomunikasi. Seperti menyediakan kontak telepon atau aplikasi chat, mengaktifkan fitur ulasan pada platform media sosial dan menyediakan kolom masukan pada website.

Dengan begitu, review atau testimoni dari para pelanggan bisa dilihat oleh banyak orang yang mengakses platform online tersebut. Tidak hanya review positif saja yang perlu Anda perhatikan.

Jika terdapat review negatif dari konsumen, segera temukan cara dan berikan solusi terbaik. Dengan begitu citra Anda di mata pelanggan akan tetap terjaga, dan terkesan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelangganya.

3.    Lakukan Inovasi pada bisnis 

Menjual produk yang sama tapi disuguhkan dengan konsep yang berbeda tentu akan menarik perhatian dan penasaran para pelanggan terhadap produk bisnis yang Anda tawarkan.

Contoh kecilnya, misalnya Anda tadinya hanya berjualan secara langsung ke toko, dalam menghadapi situasi pandemi ini cocok sekali untuk melakukan inovasi menjualkannya secara online dan aktif serta kreatif dalam mempromosikannya melalui media sosial.

Itulah pengertian dan kelebihan Word of Mouth marketing pada sebuah bisnis. Jika strategi Word of Mouth Anda berjalan baik, bisnis akan lebih mudah berkembang dan pelanggan pun akan datang dengan sendirinya.


Referensi :

Marketingterms.com

Investopedia.com

Glints.com

GoBiz.co.id

GoUKM.id

Work.Chron.com

 

Referensi Gambar :

 

Learn.g2.com

Artikel selanjutnya