Inspirasi Wirausaha

Mengenal Usaha Kecil Menengah (UKM)

Share : 11 July 2019

UKM (Usaha Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Adapun ciri-ciri Usaha kecil menengah adalah modal kecil serta resiko tidak terlalu tinggi namun keuntungan yang besar. Pengertian UKM berdasarkan peraturan undang-undang Nomor 20 tahun 2007 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  adalah:

  1. Usaha mikro adalah usaha yang dimiliki perorangan atau badan usaha perorangan yang beromset maksimal 300 juta rupiah.
  2. Usaha kecil adalah usaha produktif yang berdiri sendiri serta dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang tidak dimiliki oleh anak perusahaan, cabang perusahaan, dikuasai, atau menjadi bagian dari usaha menengah maupun besar.
    Kriteria usaha kecil adalah usaha yang beraset 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah dan beromset 300 juta rupiah hingga 2,5 miliar rupiah.
  3. Usaha menengah adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan dan tidak dimiliki oleh anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki oleh usaha kecil dan besar. Kriteria usaha kecil beraset 500 juta rupiah hingga 10 miliar rupiah dan beromset lebih dari 2,5 miliar rupiah hingga 50 miliar rupiah.

 

Menurut Departemen Perindustrian dan Perdagangan, usaha kecil menengah merupakan kelompok industri modern, tradisional, kerajinan yang memiliki aset dan modal di bawah 70 juta rupiah. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh usaha kecil menengah membuat UKM berkembang dengan pesat dan juga menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

 

Artikel selanjutnya