Kolom

Pameran UKM YDBA di GIIAS 2018 - Kurnia Amelia

Share : 11 August 2018
YDBA


Assalamu'alaikum.
Gimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini saya mau share sedikit mengenai kunjungan saya ke GIIAS ( Gaikindo Indonesia Convention Center ) di ICE BSD City. Alhamdulillah akhirnya yes, bisa menginjakkan kaki lagi ke pameran otomotif tahun ini. 

Saya sendiri suka banget datang ke pameran otomotif karena disini saya bermimpi dan bisa berandai- andai memiliki kendaraan idaman,, kalau kata orang sih ya sebelum naik pesawat kita harus lebih dulu berkujung ke bandara, nah begitu pula dengan memiliki kendaraan, sebelum punya kita harus sering datang dulu ke pameran kendaraan hehe.

Percaya ga percaya dengan istilah itu sih tapi sebagai manusia saya hanya bisa mengamini, yakin dan berusaha semoga impian memiliki kendaraan idaman bisa terwujud.. Amin.
 
Okeh,,seperti tahun-tahun sebelumnya, GIIAS sendiri tidak hanya pameran kendaraan terbaru dan unggulan saja tetapi banyak juga produk-produk yang lekat dengan kendaraan mulai dari onderdil, oli, ban, dan lainya.

Semua jenis kendaraan yang berada di pameran GIIAS pun di bagi beberapa bagian jadi ada Hall sekian diisi oleh kendaraan berat dan besar, hall sekian misalnya diisi oleh mobil MVP dan hall sekian diisi oleh mobil-mobil mewah.

YDBA di GIIAS 2018

 
 
 
 
 
Bersyukur banget kunjungan kali ini bukan hanya keliling liat-liat kendaraan saja tapi juga ikut talkshow di Booth YDBA ( Yayasan Dharma Bakti Astra ) yang berada di Hall 2-0.

Apa itu YDBA ? YDBA adalah Yayasan Dharma Bakti Astra yang merupakan salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra International Tbk yang didirikan oleh pendiri Astra yaitu William Soeryadjaya pada tahun 1980 dengan filosofi Berikan Kail Bukan Ikan . YDBA didirikan sebagai komitmen Astra untuk berperan secara aktif membangun bangsa.

Ydba di giias

YDBA fokus pada pembinaan UMKN yang meliputi UMKM manufaktur, baik terkait value chain bisnis Astra maupun tidak terkait serti bengkel umum roda empat atau dua , pengrajin dan petani.

Seperti filosofinya YDBA berikan kail bukan ikan jadi YDBA bukan memberikan uang tapi memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandirian.



Pelatihannya sendiri ada program training, mentoring, marketing facilitation dan branding facilitation. Semua program tersebut agar UKM di Indonesia ini naik kelas dan awet. Program-program dari YDBA bisa membantu pemasaran produk-produk UKM yang di binanya.

Kali ini pada di GIIAS 2018 Yayasan Dharma Bakti Astra membawa beberapa UKM yang di binanya. Disana para UKM memamerkan produk-produk unggulan. Dan untuk tahun ini YDBA mengambil tema " Kontribusi UKM dalam Industri Otomotif Nasional" yang ditampilkan dalam dua area booth. Ada booth Industri di Prefunction Hall 3A dan Booth pameran UKM di Hall 2 no. 2.





Di Booth Pohon Industri Hall 2 berisi tentang komponen -komponen otomotif UKM Mitra YDBA, serta materi-materi mengenai sektor unggulan yang saat ini di kembangkan. Terrlihat ada Nawilis yang memamerkan komponen otomotifnya, lalu ada booth kerajinan hand made binaan YDBA.

Saya tertarik banget di salah satu booth kerajinan disini soale mengingatkan saya dulu yang pernah bikin aneka kerajinan sulam pita, disini saya melihat si pengrajin berhasil meningkatkan nilai jual barang dengan memanfaatkan bahan baku dari karung goni dan di percantik oleh sulam pita dan tambahan bahan batik lalu di jadikan aneka cendramata seperti tas, dompet, kotak jarum dan lainya.



Saya sempat ngobrol dengan si empunya produk ini, beliau mengatakan dia baru bergabung bersama YDBA sekitar 4 bulanan gitu dan selama itu dia mendapat pelatihan dan suka diajak pameran jika tema pameran tersebut masuk ke kategori produk yang dia hasilkan seperti di GIIAS ini.

Untuk harga kerajinan di sini gimana?sangat relatif banget mulai dari 10 ribu rupiah sampai ratusan ribu. Untuk harga sesuai dengan barang kali ya. Ada sedikit nyesel sih soale saya ga jadi beli tasnya malah cuma beli bros huhu.



Okelah kita tinggalin di boot Hall 2 tadi dan berlanjut ke Booth Pohon industri di Prefunction Hall 3A. Nah kalau di booth ini di pamerkan alat angkut perkebunan "Wintor" dari anak perusahaan PT Astra Otopart Tbk, yang mana sebagian komponennya juga di produksi oleh UKM Mitra YDBA.

Well...Setelah berkunjung ke Booth YDBA dan tau filosofinya saya jadi banyak belajar bahwa lebih baik membantu orang untuk maju itu melalui pelatihan-pelatihan atau training yang mana ilmu dari sana bisa kita terapkan dan akan lebih abadi, kalau dengan bantuan uang bisa saja habis gitu aja.




Oyaa,,,YDBA tidak hanya menghadirkan UKM binaannya saja lho tapi ada banyak kontes pada ajang GIIAS tahun ini seperti kontes foto di booth YDBA atau kontes menulis di blog hebatnyaukm.org . Yuk yang mau ikutan kontesnya bisa dateng aja ke booth YDBA di GIIAS dan masih ada waktu lhooo sampe tanggal 12 Agustus 2018.
 

Karlina 0 post
Wah makasih ya mba amel informasinya
Ardi 0 post
Keren ya UKMnya dapat pembinaan jadi UKM bisa naik kelas
Afi 0 post
Info yg menarik.. Makasih mba amel...
Qila 0 post
Kerajinannya bagus-bagus ya, suka sama tas yang dari karung goni , dihias gitu jadi cantik.
Wichan 0 post
GIIAS, plis deh, itu tuh bikin mupeng aja kan, semua mobil idaman ada di sana.
Hermini 0 post
Semoga UKM kita makin maju.
Nefertite Fatriyanti 0 post
YDBA keren ya, tidak hanya berkiprah di bisnisnya sendiri, tapi juga membina UKM. Semoga makin banyak perusahaan yang concern pada UKM yaa
Syela 0 post
Bagus banget ya filosofi YDBA " Berikan Kail Bukan Ikan " yang mana lebih bermanfaat memberikan pelatihan daripada hanya sekedar uang.
Ikram 0 post
Bagus utk memajukan UKM di indonesia
Fajrin 0 post
Wah baru tahu nih aku Mbak. Makasih ya informasinya
Zizi 0 post
Program CSR nya bagus tidak memberikan uang tapi memberikan ilmu dan pelatihan jadi para UKM bisa mandiri nantinya.
Nunu Halimi 0 post
wah aku belum ke GIIAS nih..jadi pingin cuci mata lihat mobil bagus2
Nana 0 post
Bagus ya program YDBA, aku baru tau program CSR nya.
Raisa 0 post
Wah tinggal hari ini ya di GIIAS pameran ya.
Maulana 0 post
Wuihhh itu alat berat nya ada juga ya di GIIAS.
Uci 0 post
Mkch infonya,mau ke sana ah hari ini, naksir sama produk handmade nya, bagus bagus banget
Awan 0 post
Bagus juga ya YDBA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM semoga makin banyak perusahaan yang melakukan hal ini.
William Giovanni 0 post
Program pembinaan yang diakukan YDBA perlu diapresiasi, sehingga suatu saat UKM bisa naik kelas dan memajukan perekonomian Indonesia.
Yopi Saputra 0 post
Hu wowww... Keren banget acaranya iyahh dakuw salfok sama kerajinan tangannya.. Apa ? 10 k aja loh guysss kalian udah punya aksesori kerajinan tangan yg unik dan kece..wah ada lomba photobooth jugaa mesti ikutan nih biar menang hiksss ❤❤❤
Ekawati Erprisman 0 post
Wah, keren ya... Info menarik dan recommended nih... Thank you, amel 🙆
Evi Fdliah 0 post
Memberikan kail bukan ikan, bener niy jadi SDM di Indonesia bisa terus ditingkatkan. Para pengrajin juga jadi bisa semakin kreatif dan hasil kerajinan mereka dapat terus berkembang dan pemasarannya semakin luas. Aamin
Uwan 0 post
Yeeee.. kontesnya hari ini terakhir.... dasar
Icha 0 post
Lah mel, aku kelewat.... Jumat kemarin aku ke GIIAS dahhh tapi melewatkan ini huaaaa hari ini terakhir yakk.. keren dehh ini
Stefanny 0 post
Produk UKM nya kece2 ya
Isye 0 post
Wah jarang jarang program csr sekeren ini
Indri Noor 0 post
Wah... kreatifnya para UKM ini bisa makin oke ya Mel dengan bantuan dari YDBA
Dessy Natalia 0 post
kereen bangeet informasinya nih Kak Amel. 😍
RiskiRingan 0 post
Tasnyaaaa kece 😍. Kalau Nawilis memang dah terkenal banget ya Mel. Sukses terus buat Astra ya..
Choirul Huda 0 post
ruarrrr biasa tante duh nyesel tahun ini ga sempat ke GIIAS 2018‚bentrok sama agenda Asian Games 2018 hi hi hi :)
Artikel selanjutnya