Administrator 84 post
Inspirasi Wirausaha

PANDEMI CORONA TIDAK BOLEH MEMBUAT GUSAR PELAKU USAHA

Share : 27 March 2020

Sejak senin 2 maret 2020, Indonesia dikejutkan oleh kasus positif pertama Corona virus. Wabah Corona virus atau diidentifikasi dengan nama Covid-19 menjadi wabah pandemi hampir di seluruh negara dunia akhir-akhir ini.

Belum dipastikan asal-muasal virus muncul. Namun, beberapa negara sudah mulai menangani kasus Covid-19 secara serius. Memang, tidak semematikan virus-virus lain seperti SARS atau H5N1 tetapi Covid-19 memiliki penyebaran yang sangat cepat dan masif. Oleh karena itu, beberapa negara mulai menerapkan kebijakan lockdown dengan menutup akses negaranya agar menghentikan rantai penyebaran Covid-19.


Penumpang menaiki kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Imbasnya, aktivitas masyarakat cukup tersendat. Indonesia juga mulai ambil sikap meskipun belum dengan cara lockdown. Presiden Joko Widodo menghimbau aktivitas belajar, beribadah, dan bekerja dilakukan di rumah.

Salah satu hal yang masih menjadi polemik adalah bagaimana cara “merumahkan” pekerjaan. Salah satu solusi adalah dengan merubah aktivitas bisnis menjadi daring (work from home) atau memberlakukan shifting. Tindakan ini bermaksud agar meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerja tanpa memberhentikan aktivitas perusahaan.
 

Walaupun tidak seluruh perusahaan bisa menerapkan work from home, khususnya perusahaan manufaktur yang produksi dengan bantuan mesin. Atau UMKM yang memiliki struktur lebih unik dibanding perusahaan pada umumnya. Namun, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga perlu dilakukan bagi seluruh perusahaan.


Ilustrasi: Alat keberhasilan melawan Covid-19. Designed by Freepik.com

Kementerian Ketenagakerjaan menghimbau para perangkat pemerintah daerah untuk melaksanakan kebijakan pencegahan Covid-19 di lingkungan kerja. Perusahaan diminta agar melakukan upaya pencegahan tersebut. Beberapa upaya pencegahan tersebut diantaranya:

Mengedukasi seluruh lapisan perusahaan tentang pemahaman Covid-19.

- Menyiapkan sarana cuci tangan berupa air mengalir, sabun cair atau hand sanitizer di tempat umum, area kerja, pintu masuk,lift, hingga toilet.

- Pendataan pekerja/buruh yang berisiko, diduga, atau mengalami sakit akibat COVID-19 agar segera mengalami penangangan sesuai standar kesehatan.

- Menyiapkan rencana kesiapsiagaan perusahaan menghadapi pandemi Covid-19 yang telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Ilustrasi: Komunikasi secara daring. Designed by slidesgo.

Upaya pencegahan tersebut merupakan himbauan bagi perusahaan yang masih mengadakan aktivitasnya. Kemudian, terdapat juga prosedur pencegahan Covid-19 yang spesifik bagi UMKM, khususnya di bidang kuliner. Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan pelaku usaha UMKM juga perlu menerapkan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Selain merubah sistem keuangan menjadi berbasis daring, UMKM juga perlu menerapkan 8 prosedur berikut:

Baca Juga:TEKNOLOGI PERMUDAH UMKM MENERAPKAN AKUNTANSI


1. Menyediakan hand sanitizer untuk pelanggan.

2. Sediakan plastic clip (usahakan yang berbahan organik) untuk keperluan melindungi HP pelanggan.

3. Makanan siap saji ditempatkan dalam wadah tertutup.

4. Alat makan sekali pakai digunakan untuk semua pelanggan.

5. Staf wajib menggunakan hand glove dan mouth cover.

6. Pastikan ada jarak antar konsumen baik dalam antrean atau antar meja/kursi konsumen minimal 1 meter.

7. Khusus untuk makan dan minuman take away, tutup rapat untuk menjaga keamanan dan kebersihan selama perjalanan pengiriman.

8. Sangat baik bila dilakukan penyemprotan disinfektan untuk memastikan strerilnya seluruh area dan peralatan usaha.


Upaya berikut merupakan tindakan pencegahan bagi UMKM khususnya yang masih harus berkontak dengan pelanggan dan bersifat krusial seperti makanan. Meskipun pandemi Covid-19 ini cukup membuat gusar segala lini kehidupan negara, pelaku usaha tidak boleh berhenti berupaya. Demi menjaga aktivitas bisnis tetap bisa bertahan ditengah wabah pandemi, pelaku usaha juga bisa berkontribusi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Jadi, ayo terapkan upaya pencegahan Covid-19 sebaik-baiknya demi kondisi Indonesia yang lebih baik.



Sumber:

Karunia, Ade Miranti. ED Sukmana, Yoga. 2020. Ini 8 Prosedur Mencegah Penyebaran Corona di Tempat Usaha. Site: Kompas.com

Ghivarianto, Reyhan Diandri. 2020. Menaker Ingatkan Kesiapan dan Pencegahan Corona di Tempat Kerja. Site: Detik.com 

Ilustrasi: Designed by Freepik. Site: Freepik.com


Artikel selanjutnya