Hendra 2 post
Inspirasi Wirausaha

Pasar Meminta, Teknologi pun Berbicara

Share : 22 August 2017


Kali ini kita berbicara mengenai beberapa teknik pemijahan ikan air tawar,khususnya ikan lele sangkuriang dan ikan nila gesit x ikan nila nirwana.

Dalam Pembudidaya Ikan Lele Sangkurian ada 3 Tekhnik Pemijahan
a. Tekhnik Pemijahan Alami
b. Tekhnik Pemijahan Semi Buatan
c. Tekhnik Pemijahan Buatan.

Untuk Tekhnik 2 dan 3 lebih bertujuan untuk peningkatan produksi benih dengan permintaan pasar/buyer yang tinggi pula.

Nah...Pada Tanggal 09 Agustus 2017 Pukul. 20.30 WITA, Pengurus Lpb Pama Banu Etam bersama UMKM Bapak Tukijan/Yasin, melakukan Pemijahan Ikan Lele Sangkuriang dengan Teknik Pemijahan Buatan,dengan Bobot Indukan 4,5 Kg, penyuntikan menggunakan Hormon Ovafrim+NKCL.

Dan Besok tepat Pukul 09.30 Wita,akan dilakukan pembedahan indukan jantan serta melakukan Striping Indukan Betina yang telah disuntik horman tersebut.

Pada Tanggal 20 Agustus 2017 Wita, Pelaksanaan pemijahan ikan Lele Sangkuriang dengan Teknik Semi Buatan akan dilaksanakan di UMKM Bapak Yohanes, dengan bobot indukan betina 6 Kg dan jantan 4,5 kg.

Dengan menggunakan Ovafrim sesuai dosis per indukan.
indukan betina menggunakan ovafrim sebanyak 0,2 x Bobot Badan dan campuran pelarut NKCL 0,3 x bobot Badan. sedangkan untuk indukan jantan menggunakan setengah dari betina, yaitu ovafrim sebanyak 0,1 x Bobot Badan dan cairan NKCL 0,15 x Bobot Badan.

Ovaprim Syndel berfungsi merangsang pelepasan telur dan anti stress pada ikan. Disuntikan pada ikan betina dan jantan. Efektif untuk menstimulasi pelepasan telur pada induk ikan betina dan menambah jumlah sperma pada induk ikan jantan. Biasa digunakan dalam pembibitan ikan Lele, Bawal, Patin, Mas, Gurame, Koi dan ikan-ikan lainnya.

Proses Penyuntikan Indukan Ikan Lele

#HebatnyaUKM

 

Artikel selanjutnya