Administrator 130 post
Inspirasi Wirausaha

PELUANG BISNIS KATERING MENU SEHAT TERUS MENINGKAT BERKALI LIPAT

Share : 26 November 2020

Katering menu sehat merupakan bisnis yang diprediksi akan terus bersinar. Terlebih saat pandemi COVID-19, kesadaran akan kebersihan dan kesehatan meningkat berkali lipat. Tren gaya hidup sehat di perkotaan dengan masyarakat yang memiliki kesibukan super padat dan terbatasnya waktu yang dimiliki, bahkan untuk memasak sendiri makanan sehat seringkali sulit untuk dilakukan.

Melihat kondisi tersebut, dapat dipahami bahwa terdapat segmentasi pasar pegawai-pegawai kantoran yang ingin hidup sehat tetapi tidak memiliki waktu luang untuk mengurusnya. Maka dari itu, banyak orang yang akhirnya memilih untuk berlangganan katering makanan sehat agar tubuh tetap fit. Hal ini membuat bisnis katering sehat terus tumbuh dan peningkatannya pun hampir mencapai 500 persen dibanding tahun 2015 lalu.

Masyarakat perkotaan cenderung memilih untuk berlangganan katering makanan sehat karena dianggap cukup efektif, satu porsi makanan sehat tidak jauh berbeda dengan makanan biasa yang sering dikonsumsi, yakni berkisar 50 ribu rupiah. Biasanya, harga dapat lebih murah saat berlangganan per bulan atau per minggu.

Untuk modal bisnis ini, dibutuhkan tempat makan, sendok dan garpu plastik, stiker logo merek, tas belanja kertas, dan bahan makanan serba organik yang cukup untuk membuat sekitar 4 variasi menu. Jika ingin meminimalisir kembali modal awal, bisa memanfaatkan perlengkapan dapur yang ada di rumah, seperti gas atau rice cooker.

Menu yang disajikan harus disesuaikan dengan target pasar, jika targetnya adalah milenial atau pekerja kantoran, maka varian makanan Indonesia yang dipadukan dengan makanan western bisa menjadi pilihan. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, seluruh bahan makanan yang digunakan harus berkualitas. Pada box makanan, cantumkan juga kandungan dan jumlah kalori dari bahan makanan yang digunakan. Hal ini dikarenakan para konsumen katering sehat umumnya memperhatikan kandungan makanan yang akan disantapnya.

Untuk mengembangkan usaha ini, dibutuhkan media sosial agar produk dapat diiklankan dan menjangkau cakupan yang lebih luas, mengunggah foto asli dari produk yang dimiliki, dan berikan caption yang menarik. Usaha juga dapat bermitra dengan penyedia food delivery online agar pengiriman menjadi lebih mudah. Untuk menarik konsumen baru dan agar konsumen tertarik untuk berlangganan, dapat diberikan harga spesial atau potongan harga.

Pastikan untuk menyediakan menu yang variatif setiap harinya, percantik feed media sosial dengan foto produk yang menggugah selera, dan yang terpenting rasa dan kualitas harus nomor satu!

Referensi:
CNBC Indonesia
Koin Works
Izin.co.id

Artikel selanjutnya