Administrator 145 post
Inspirasi Wirausaha

PENTINGNYA INOVASI DALAM BISNIS

Share : 01 June 2021

Jika berbicara mengenai bisnis, pasti tidak jauh dari kata Inovasi. Ya, memang tidak dipungkiri, inovasi adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis, karena bisa sebagai pendorong kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis atau bahkan perusahaan.

 

Lantas apa itu inovasi?

 

Inovasi dapat juga diartikan sebagai proses membuat atau menciptakan cara baru untuk melakukan sesuatu. Dalam konteks bisnis, inovasi dapat berkaitan dengan memodifikasi model bisnis dan beradaptasi dengan perubahan untuk meciptakan produk atau layanan yang lebih baik.

 

Terdapat berbagai jenis inovasi, tetapi balik lagi kepada tujuan yang ingin dicapai oleh setiap pelaku bisnis atau perusahaan. Salah satu tujuan dari inovasi adalah mengikuti perubahan zaman, khususnya di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Berikut penjelasan pentingnya inovasi dalam menjalankan bisnis :

 

1.     Mendorong Pertumbuhan Bisnis

 

Hadirnya sebuah inovasi di dalam bisnis merupakan ujung tombak dalam menjalankan bisnis agar lebih bisa diterima konsumen, karena dianggap mampu memberikan fitur maupun fungsi sesuai kebutuhan.

 

Cara paling tepat jika ingin mengembangkan skala bisnis dengan cepat dan luas adalah dengan melakukan inovasi pada model bisnis atau produk. Melakukan inovasi bisnis juga merupakan salah satu strategi untuk menaikan omzet penjualan.

 

2.     Bisnis tetap relevan

 

Tidak hanya dunia saja yang mengalami perubahan, tetapi berlaku juga untuk bisnis. Agar bisnis yang dimiliki tetap relevan, kemampuan beradaptasi mutlak diperlukan. Terlebih di tengah disrupsi teknologi saat ini.

Apalagi faktanya, perkembangan teknologi telah menciptakan era baru inovasi di seluruh model bisnis dan industri. Kondisi tersebut membuat banyak bisnis-bisnis baru (startup) bermunculan dengan berbagai inovasi, oleh karena itu, inovasi sangat diperlukan bagi semua perusahaan, baik perusahaan besar maupun yang sedang merintis.

 

Tujuannya, agar bisa bersaing dan tetap relevan dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah.

3.     Memiliki ciri khas terhadap kompetitor

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang yang sama, oleh karena itu dalam mengembangkan produk harus memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus agar tidak pasaran, sehingga membuat bisnis lebih unggul.

 

 

Itulah pembahasan seputar pentingnya inovasi bisnis, Jika Anda adalah pelaku bisnis harus “berani” untuk melakukan inovasi, maka bersiaplah untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan!

 

 

Referensi :

Kompas.com

Elsamara.id

Artikel selanjutnya