Administrator 60 post
Kolom

Perluas Relasi, Jalin Koneksi

Share : 20 September 2017
Mengembangkan jejaring (networking) tentunya sangat penting dalam menjalankan usaha. Networking sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperluas koneksi, relasi, dan sinergi untuk kepentingan bersama. Karena itu, networking bermanfaat untuk memperpanjang silaturahim dan tentunya memperluas jangkauan usaha yang dimiliki. Melalui networking, pengusaha dapat membuka pintu-pintu peluang untuk kemajuan usaha. 
Sebenarnya, networking tidak harus dimulai setelah kita memiliki usaha, tetapi dapat juga dimulai sejak sebelum kita memulai usaha. Selain itu, networking pun tidak terbatas hanya pada pihak-pihak yang merupakan calon pelanggan potensial saja, tetapi juga kepada pihak-pihak yang mungkin terlihat tidak berhubungan langsung dengan bisnis kita. Karena siapa tahu, suatu saat nanti kita bisa mendapat peluang tak terduga dari mereka. Selain itu, dengan membuka diri kepada berbagai pihak dari berbagai latar belakang, kita akan mendapatkan perspektif yang lebih luas yang bisa membantu kita mendapatkan ide-ide segar untuk meningkatkan kesuksesan bisnis kita. 
Lalu, bagaimana cara menjalin networking yang baik? 
Dalam menjalin networking, yang terpenting adalah kita harus bisa mendapatkan kepercayaan pihak lain melalui kepercayaan diri dan kemampuan kita untuk menunjukkan manfaat yang dapat kita tawarkan kepada pihak tersebut. Seringkali kita terjebak untuk menjadi terlalu banyak berbicara tentang kehebatan kita kepada orang lain, tetapi justru sebenarnya kita harus bisa menjadi pendengar yang baik agar dapat mengetahui lebih banyak tentang pihak tersebut. Dengan begitu, kita bisa menawarkan bantuan yang sesuai dan tepat untuk orang tersebut. Banyak orang yang terjebak karena terlalu percaya diri dan yakin akan produk/jasa yang dimilikinya, sehingga terkadang memberikan bantuan yang tidak diperlukan oleh orang lain dengan cara yang berlebihan. Hal tersebut tentunya harus dihindari karena dapat merusak hubungan baik yang sedang berusaha dijalin. 
Selain percaya diri dan menjadi pendengar yang baik, kita pun harus bisa mencairkan suasana, khususnya pada pertemuan pertama, agar tercipta kenyamanan bagi pihak lain untuk berkomunikasi. Hal tersebut menjadi penting karena tanpa rasa nyaman, akan sulit bagi siapapun untuk mau membuka diri kepada orang lain. Bagaimana caranya? Mencairkan suasana antara lain dapat dilakukan dengan membuka perbincangan dengan topik-topik yang umum dan santai, seperti berita-berita terkini, olahraga, atau hal-hal lain yang dapat mencairkan suasana. Setelah itu, barulah kita bisa mulai masuk ke topik utama yang sebenarnya ingin diutarakan. 
Terakhir, jangan lupakan juga untuk terus merawat relasi yang sudah terjalin. Hal tersebut dapat dilakukan melalui berbagai media, mulai dari email, chatting, telepon, maupun tatap muka. Namun, tatap muka tentunya merupakan cara yang paling efektif untuk menyampaikan pesan, karena dengan tatap muka dapat tumbuh empati antar lawan bicara. Penggunaan email, chatting, maupun telepon dapat digunakan setelah hubungan yang terjalin sudah cukup dekat untuk menjaga silaturahim yang sudah terjalin. 
Kalau Anda, apakah sudah siap memperluas koneksi bisnis Anda?

Saksikan video dari materi ini di 
https://www.youtube.com/watch?v=at5mY4iPppw

 
Artikel selanjutnya