Administrator 116 post
Inspirasi Wirausaha

SAATNYA UMKM OTOMOTIF UNTUK GO-DIGITAL

Share : 11 November 2020

Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada industri otomotif Indonesia. Namun, peluang bisnis otomatif di Indonesia masih sangat terbuka lebar mengingat bahwa hingga saat ini, Indonesia masih menjadi negara dengan angka penjualan mobil terbesar di Asia Tenggara.

Bahkan, bisnis otomotif di Indonesia memiliki masa depan yang menjanjikan. Hal ini didukung oleh Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria Simanungkalit bahwa saat ini merupakan saat yang tepat bagi pelaku koperasi dan UMKM yang bergerak di bidang otomotif untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Pengembangan UMKM otomotif sangat strategis untuk mendorong pembangunan otomotif nasional, sekaligus melibatkan partisipasi UMKM dalam pembangunan industri otomotif, mengingat bahwa industri otomotif merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian  nasional dan dinilai akan terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan populasi penduduk dan kemajuan ekonomi. Namun, terkadang yang menjadi hambatan adalah mutu produk otomotif UMKM dalam negeri seringkali kurang memenuhi standar yang dibutuhkan.

Selain terus berkembang untuk memperbaiki kualitas hingga memenuhi standar, UMKM juga harus melakukan strategi-strategi pemasaran yang baru untuk terus bersaing di industri otomotif. UMKM harus mulai untuk mengalihkan strategi pemasaran melalui platform digital demi menjaring calon konsumen.

Aktivias digital dapat dilakukan melalui media sosial, misalnya seperti memasang iklan lalu mendapatkan prospect leads atau calon konsumen. Penjual juga dapat membuat acara-acara atau event, seperti mengadakan virtual showroom misalnya. Strategi ini dapat digunakan melalui aplikasi Zoom atau chanel Youtube Live untuk memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. Selain itu, UMKM otomotif juga harus mulai menggunakan e-commerce sebagai salah satu jalur pemasaran, misalnya melalui platform marketplace Tokopedia dan Shopee. Dealer digital pada marketplace akan memudahkan konsumen yang membutuhkan kendaraan selama pandemi COVID-19, sehingga konsumen dapat melakukan transaksi jarak jauh.

Namun, walaupun mayoritas pasar beralih ke digital akibat kebiasaan konsumen yang berubah, UMKM harus terus tetap mengembangkan penjualan melalui chanel digital di masa yang akan datang, dikarenakan digitalisasi ini sangat mempermudah konsumen untuk memperoleh informasi mengenai kendaraan, perusahaan juga dapat mengkomunikasikan program penjualan ke konsumen dengan mudah, melakukan booking test drive, hingga mendownload brosur dan mengatur janji temu.

Referensi:

Kata Data

Antara News

Sumber Gambar:

Dunia Fintech

Artikel selanjutnya