Administrator 142 post
Inspirasi Wirausaha

SENI TERAMPIL BERNEGOSIASI

Share : 26 March 2021

Dalam berbisnis, tentu negosiasi merupakan hal yang seringkali ditemui oleh pemilik usaha. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan terbaik antara pemilik usaha dengan supplier, pemilik usaha dengan pelanggan, pemilik usaha dengan investor, dan sebagainya. Negosiasi yang dilakukan juga tidak hanya sebatas kesepakatan harga, namun juga terkait kontrak kerja, ekspansi bisnis, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, keahlian dalam bernegosiasi merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pelaku usaha.

 

Eloy Zalukhu selaku MBA Sales Training Expert dalam acara “Ngobrol Pinter” Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) pada 4 Maret 2021 lalu, menjelaskan bahwa negosiasi bisnis merupakan pertemuan antara dua orang atau dua kelompok yang sama-sama memiliki motivasi, kebutuhan, dan hak atas hasil akhir terhadap suatu objek niaga. Dimana kedua belah pihak tersebut melakukan transaksi bisnis dengan tawar menawar sampai mencapai kesempatan yang win-win atau sama-sama menang.

 

Dalam bernegosiasi, pertama-tama kita harus menyadari dan mencari tahu terlebih dahulu gaya negosiasi yang dimiliki, teman atau partner bisnis anda, atau bahkan lawanmu dalam bernegosiasi. Terdapat 5 gaya negosiasi, yakni:
1. Kompetisi (saya menang, anda kalah): Cenderung mendominasi dan kompetitif.
2. Kolaborasi (saya menang, anda menang): Menikmati negosiasi dan memecahkan masalah dengan cara yang kreatif.

3. Akomodasi (saya kalah, anda menang): Cenderung mengalah, lebih mementingkan kerjasama dan hubungan baik.
4. Menghindar (saya kalah, anda kalah): Cenderung menghindari aspek konfrontatif dalam negosiasi.
5. Kompromi (saya menang beberapa, anda menang beberapa & saya kalah beberapa, anda kalah beberapa): Mengambil keputusan yang adil dan setara bagi seluruh pihak yang terlibat.

 

Setelah mengetahui gaya negosiasi anda, penting juga untuk kita mengetahui strategi atau langkah yang tepat dalam bernegosiasi, dikarenakan langkah tersebut seringkali menjadi penentu keberhasilan dalam bernegosiasi. Langkah-langkah negosiasi yang tepat menurut Stuart Diamond, ialah tetap tenang dalam menghadapi situasi apapun, lalu melakukan persiapan dengan baik sebelum mulai bernegosiasi (misalnya dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan), kemudian temui sang pengambil keputusan. Keempat, tetap fokus pada tujuan anda dan tetap membuat kontak selama negosiasi berlangsung. Yang terakhir, akui posisi serta kekuatan pihak lain, dan selalu hargai lawan negosiasimu.

 

Dengan meningkatkan kemampuan anda dalam bernegosiasi, diharapkan anda dapat mencapai kesepakatan bisnis yang baik yang berdampak pada perkembangan bisnis anda.

Referensi Gambar

Artikel selanjutnya