Administrator 142 post
Inspirasi Wirausaha

STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM

Share : 08 February 2021

Seiring dengan berjalannya digitalisasi UMKM, para pelaku usaha harus melakukan strategi tertentu agar usahanya dapat terus bersaing di tengah pandemi. Agar usaha bisa terus dikenal secara luas dan tidak kalah saing dengan bisnis lainnya, pelaku usaha harus menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk-produknya. Berikut merupakan beberapa cara atau strategi yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing pada usaha UMKM:

1.      Daftar di Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah tools Google untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi mengenai UMKM kamu, seperti nama, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, jam operasional, alamat website, foto kantor, hingga review konsumen. Google Bisnisku juga dapat menjadi media komunikasi dengan calon konsumen, mempermudah kamu mendapatkan review dari konsumen, dan membuat UMKM muncul di Google Maps.

2.      Lakukan Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi online marketing yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial. Ada berbagai media sosial yang bisa kamu gunakan, seperti Youtube, Facebook, Instagram. Social media marketing membantu UMKM untuk meningkatkan popularitas, mendapatkan lebih banyak konsumen, serta meningkatkan pengunjung website.

Tips melakukan social media marketing:

1.      Riset calon konsumen.

2.      Buat goals atau tujuan iklan yang jelas.

3.      Analisa kompetitor.

4.      Buat konten yang relevan dan menarik.

5.      Tentukan waktu posting yang tepat.

3.      Buat Website

Website adalah salah satu media online yang dapat membantu meningkatkan brand awareness dan kredibilitas (kepercayaan) calon konsumen terhadap UMKM. Website juga dapat membantu usaha menjangkau lebih banyak konsumen, karena website akan mempromosikan produk atau jasa kamu selama 24 jam penuh. Calon konsumen dapat mengakses website kapanpun dan dimanapun. Melalui website, dapat ditampilkan berbagai informasi yang lebih lengkap dan lebih detil, seperti cara pemesanan, cara menggunakan produk, pemesanan produk, dan informasi lain yang mungkin dibutuhkan oleh calon konsumen.

4.      Ads

Ads dapat menjadi salah satu strategi online marketing yang memberikan manfaat bagi UMKM. Walaupun membutuhkan biaya dalam beriklan, tetapi pelaku usaha dapat menentukan anggaran budget yang akan dikeluarkan. Pelaku usaha juga dapat menargetkan audiens yang tepat untuk mendapatkan konsumen yang lebih tertarget. Pelaku usaha dapat menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi iklan untuk meningkatkan performa media sosial marketing yang telah dilakukan.

4 strategi digital marketing tersebut tentu dapat dilakukan dan akan sangat bermanfaat untuk UMKM. Dengan menggunakan digital marketing akan membantu UMKM untuk lebih dikenal banyak orang dan mendapatkan pelanggan yang potensial.

Referensi:
Detik.com
Gogo.co.id
Whello.id

Referensi Foto

Artikel selanjutnya