Administrator 105 post
Inspirasi Wirausaha

SYARAT DAN TATA CARA MENGAJUKAN KERINGANAN KREDIT BAGI UMKM TERDAMPAK PANDEMI

Share : 21 July 2020

Lonjakan kasus covid-19 terus menunjukkan angka yang mencengangkan. Hampir semua negara masih berkutat dengan pandemi satu ini. 188 negara di dunia memiliki berbagai sikap menghadapi pergerakan virus corona. Namun, jumlah kasus positif sudah menembus angka 14,3 juta berdasarkan data Johns Hopkins University. Pada sabtu, 18 Juli 2020 lonjakan harian terbesar sejak munculnya pandemi hampir sebanyak 260 ribu dalam 24 jam. Selain itu, angka kematian akibat covid-19 pun meningkat sekitar 7.360 (peningkatan harian terbesar sejak 10 mei).

Buntut dari dampak adanya pandemi covid-19 menyebar ke berbagai sektor, salah satunya perekonomian. Berkurangnya tenaga kerja, terbatasnya ruang gerak bisnis hingga nilai saham yang fluktuatif menjadi momok bagi sebagian besar pebisnis saat ini. Tidak hanya itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti menyebutkan hampir semua negara pada tahun ini akan mengalami resesi ekonomi, tidak terkecuali Indonesia.

Bayang-bayang resesi terus menghantui apabila kegiatan ekonomi negara mengalami penurunan secara signifikan dalam jangka waktu yang cukup lama. Salah satu solusinya adalah memberikan stimulus agar perekonomian kembali bergairah. Pemberian stimulus akan lebih efektif jika diberikan pada mayoritas bisnis di Indonesia dan tentunya yang paling terdampak. Oleh karena itu, stimulus bagi UMKM yang merupakan buffer perekonomian menjadi perhatian khusus. Berbagai upaya menyehatkan UMKM pun mulai digelontorkan oleh pemerintah.

 

Baca Juga: Memahami Jurus Pemerintah Dalam Menyehatkan Umkm Dari Keterpurukan Pandemi

 

Adapun salah satu bentuk keringanan yang diberikan berupa penundaan angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta subsidi bunga kredit. Keduanya berlandaskan pada POJK Nomor 11/POJK.-3/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronovirus Disease 2019.

Berikut merupakan syarat dan cara mendapatkan keringanan cicilan bagi UMKM. Dilansir dari Cermati.com dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dapat diakses disini.

Referensi:

BBC Indonesia. 2020. Virus corona: Angka kematian akibat pandemi Covid-19 lebih dari 600.000 orang. Site: BBC.com

Pasha, Aufi Ramadhania. 2020. Syarat dan Tata Cara Pengajuan Keringanan Kredit Bagi UMKM Terdampak Covid-19. Site: cermati.com

Putra, Dwi Aidtya. 2020. BI Sebut Hampir Semua Negara Alami Resesi Akibat Covid-19. Site: Merdeka.com

Ilustrasi: Designed by Freepik. Site: Freepik.com
Artikel selanjutnya