Administrator 84 post
Inspirasi Wirausaha

UMKM HARUS MELEK TEKNOLOGI

Share : 05 March 2020


Gambar: Data Survey Hootsuite (we are social). Indonesia Digital Report 2019

Gambar: Data Survey Hootsuite (we are social). Indonesia Digital Report 2019.

Saat ini, hampir segala bidang kehidupan manusia telah ditopang oleh teknologi. Tidak terlepas di bidang bisnis, pemanfaatan teknologi seperti internet sudah menjadi keharusan. Menurut Statista, data pengguna internet di Indonesia tahun 2019 menunjukkan angka 107,2 juta pengguna dan diproyeksikan akan terus meningkat hingga 150 juta pengguna pada tahun 2033.

Berdasarkan hasil survei Hootsuite, mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan ponsel pintar untuk mengakses internet dengan persentase 60%. Selain itu, dalam pencatatan salah satu e-commerce di Indonesia (Shopee) sekitar 95% pemesanan dilakukan melalui ponsel pintar. Ditambah data dari Statista menunjukkan bahwa kegiatan online yang populer di Indonesia adalah media sosial dan perpesanan seluler. Artinya, tidak perlu modal besar untuk membeli perangkat yang rumit karena dapat memanfaatkan ponsel pintar yang sehari-hari digunakan. 
 
Foto: dok. Dignitation

Foto: dok. Digination.id. Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) berkomitmen mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan ekspor di era Revolusi Industri 4

Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis khususnya yang bergerak dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM). Berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) baru 9,6 juta atau 17,1% dari total 56 juta UMKM yang go online. Berbagai upaya pemerintah pun diluncurkan untuk meningkatkan angka tersebut. Hal tersebut karena UMKM dapat memberikan kontribusi signifikan dan menjadi penyangga (buffer) perekonomian. Dipadu dengan pemanfaatan potensi penggunaan teknologi akan menjadi ledakan ekonomi yang positif.

Oleh karena itu, UMKM juga perlu memerhatikan peluang-peluang yang tercipta dari penggunaan teknologi. Salah satu manfaat yang bisa dilakukan UMKM adalah mengenai pemasaran. Pemasaran bukan hanya terkait menjual produk yang dihasilkan. Banyak hal yang bisa ditawarkan, seperti memberikan informasi atas perkembangan produk, media promosi agar konsumen ingin membeli, menjaga konsistensi produk bagi konsumen dan menambah nilai suatu produk.

Semua hal tersebut dapat difasilitasi dengan memanfaatkan teknologi. Dengan membuat website sendiri selain bisa memasarkan produk, bisa membuat usaha Anda terlihat lebih profesional bagi konsumen. Karena pembuatan website mengeluarkan biaya yang cukup besar, ada alternatif lain dengan membuat blog atau media sosial yang tersedia secara gratis.

Ilustrasi: Media sosial merupakan platform yang populer dugunakan. Designed by Freepik

Ilustrasi: Media sosial merupakan platform yang populer dugunakan. Designed by Freepik


Melihat tingginya pengguna media sosial dan pemesanan seluler di Indonesia memberikan peluang bisnis bagi UMKM. Produk-produk yang ada dapat dipasarkan melalui platform tersebut. Dengan sedikit sentuhan kreativitas dapat menambah nilai produk dan semakin diminati konsumen. Selain itu, salah satu kelebihan memasarkan melalui media sosial adalah tidak perlu repot untuk mempromosikan terus menerus karena orang cenderung akan percaya terhadap testimoni pelanggan lain.

Nah, UMKM tidak boleh melewatkan peluang ini. Walaupun, terkadang menjadi pedang bermata dua apabila tidak digunakan dengan baik. Sebaiknya, tetap meningkatkan kualitas produk dan relevansi produk dengan konsumen. Kemudian, penggunaan teknologi untuk memasarkan produk lebih bersifat membantu meningkatkan nilai produk di mata konsumen. 

 

Sumber:

Annur, Cindy Mutia. 2019. Baru 17% UMKM Berjualan Online,
          Kominfo Gencar Gaet E-commerce. Site: katadata.co.id

Hootsuite (we are social). 2019. Indonesia Digital Report 2019. Site:
          Hasil Survey

Khristianto, Wheny. 2012. Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha
          Kecil dan Menengah (Studi Pada Usaha Kecil Menengah di
          Wilayah Gedong Meneng). Site: researchgate.net

Moka. 2016. Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil
          Menengah. Site: blog.mokapos.com

Statista. 2019. Number of Internet Users in Indonesia Form 2017 to
          2023. Site: statista.com

Ilustrasi: Designed by upklyak / Freepik. Site: freepik.com

 

Artikel selanjutnya