Administrator 154 post
Inspirasi Wirausaha

TIPS AGAR BISNIS TERUS BERKEMBANG

Share : 08 July 2021

Perkembangan bisnis saat ini sangat diperlukan, terlebih lagi pandemi yang masih melanda negara kita menuntut pemilik bisnis untuk terus memperhatikan hal-hal yang mampu mendorong agar bisnis terus berjalan.

 

Mengembangkan bisnis bisa dicapai jika dalam diri kita memiliki niat. Sebab dengan niat, Anda tentu berusaha menemukan solusinya, baik dengan cara belajar, praktik maupun bertanya kepada orang yang telah berpengalaman.

Berikut beberapa tips yang bisa dijalankan dalam mengembangkan bisnis Anda.

 

1.    Memilih Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat sasaran

Kinerja perusahaan atau di tempat usaha Anda sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang ada. Untuk itu, Anda harus bijak dan tepat ketika memilih pegawai atau karyawan Anda, agar semua progres pekerjaan dapat berjalan secara tepat dan cepat.

Carilah pegawai yang benar benar memiliki komitmen yang kuat, integritas yang tinggi dan memiliki pribadi baik.

Tidak ada salahnya untuk mempelajari cara merekrut karyawan yang benar. Cari yang sesuai dengan kebutuhan yang sedang dibutuhkan, pelajari pula bagaimana cara membuat karyawan betah dan semangat dan lain sebagainya.

Cara diatas dapat membuat kinerja para karyawan Anda semakin hebat dan mampu memberikan hasil yang sangat luar biasa bagi perkembangan bisnis secara kontinu.

2.    Rencanakan dengan terstruktur

Bisnis yang berkembang secara konsisten biasanya bisnis yang memiliki perencanaan matang. Tidak ada kata santai atau kata secara instant, bisnis harus dijalankan dengan serius walaupun sudah berkembang besar. 

Jangan lupa juga tetapkan target-target yang ingin dicapai dalam menjalankan bisnis, agar bisa berjalan secara jangka panjang.

3. Ciptakan suasana kerja yang efektif

Para pekerja yang bekerja di tempat usaha Anda merupakan orang yang juga memiliki pengaruh pada perkembangan bisnis. Untuk itu, Anda perlu menciptakan suasana kerja yang efektif, memberikan motivasi, rasa percaya dan dihargai.

Agar tempat usaha juga menjadi menyenangkan, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan tetap rapi. Terapkan juga Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).

4.    Memproduksi dan menjaga kualitas produk

 

Mengapa kualitas produk begitu penting? Sebab kualitas sangat menentukan umur ekonomis sebuah produk. Apabila produknya berkualitas, produk tersebut otomatis lebih awet dan tahan lama. Kualitas produk pun semakin dibutuhkan pada era modern agar produk mampu bersaing dengan produk lain.

Mungkin dalam bisnis Anda terdapat bagian yang mengontrol kualitas, nah tekankan agar kegiatan quality control benar benar terjaga serta memberikan laporan secara lengkap.

Konsumen dapat menjadi pelanggan setia bahkan menjadi mesin promosi gratis dengan adanya produk yang berkualitas. Itulah alasan mengapa kualitas produk sangat penting untuk selalu Anda jaga, faktor ini pun mampu membuat bisnis Anda terus berkembang besar.

 

5. Memperluas dan memilih mitra bisnis dengan tepat

Mitra disini sangat luas, bisa berupa bentuk kerja sama marketing, kerja sama bidang produksi atau bidang keuangan.

Mitra atau networking dalam menjalankan bisnis memiliki andil besar. Begitu banyak pekerjaan akan berjalan dengan lancar ketika Anda memiliki kemampuan networking yang luas.

Namun agar tujuan mengembangkan bisnis tercapai, Anda harus mampu memilih mitra atau rekan kerja yang tepat. Jangan asal pilih, cari dan ketahui terlebih dahulu latar belakang calon mitra Anda.

Pilih rekan bisnis yang benar - benar memiliki karakteristik yang sesuai dengan bidang keahlian dan bisnis yang sedang digeluti.

6. Atur keuangan dengan teliti

Apapun skala usaha Anda, manajemen keuangan begitu penting untuk selalu dijaga. Metode yang paling tepat dan digunakan oleh semua perusahaan adalah mencatat semua arus keuangan dengan teliti.

Dari pembukuan tersebut, pastikan Anda melakukan monitoring dan menjaga arus keuangan tetap tumbuh.

Jika selama ini Anda masih belum memperhatikan keuangan perusahaan Anda, maka mulai dari sekarang lakukan kegiatan ini secara rutin dan teliti.

7. Utamakan Pelanggan karena pelanggan yang paling utama

Selain beberapa faktor diatas, teknik dan cara mengembangkan usaha yang paling efektif selanjutnya adalah dengan memperhatikan pelanggan Anda.

Pelanggan merupakan hal yang paling sangat penting.

Mengutamakan pelanggan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti:

·       Menyediakan kontak customer service

·       Memberikan pelayanan  yang prima pada konsumen

·       Memberikan produk yang berkualitas

·       Memberikan diskon khusus bagi pelanggan setia

·       Menyediakan service gratis dengan syarat dan ketentuan yang dimiliki

 

8. Konsisten

Selain konsisten pada strategi, konsisten berperilaku baik seperti disiplin juga dapat mempengaruhi kinerja Anda ketika mengatur bisnis.

Sikap konsisten untuk selalu bekerja keras dan cerdas serta disiplin merupakan faktor sumber daya manusia yang ternyata sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

9. Lihai menganalisa pasar

Di dunia usaha sejatinya terdapat beberapa tantangan, seperti tingkat persaingan atau kompetitor. Nah, agar usaha Anda dapat berkembang pesat secara terus menerus, usahakan untuk memahami pasar dengan baik. Jangan lupa juga untuk melakukan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Referensi :
Kompas.com
Kolomsatu.com

Referensi Gambar :
Enehano.com

 

Artikel selanjutnya