Administrator 102 post
Inspirasi Wirausaha

TIPS AGAR UMKM MAMPU BERTAHAN DIKALA PANDEMI

Share : 19 June 2020
Sudah lebih dari sepekan semenjak penerapan PSBL transisi di sejumlah daerah.  Pergerakan ekonomi mulai bergerak. Banyak yang tetap melanjutkan bisnisnya seperti sebelum pandemi dan tidak sedikit pula yang beralih ke model bisnis baru. Meskipun begitu, pandemi covid-19 belum berakhir, sejumlah kasus masih ditemukan dan vaksin tak kunjung ditemukan.
Pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UMKM) adalah alah satu sektor yang sangat terdampak atas pandemi covid-19. Mereka telah susah payah menghadapi bisnisnya yang terhambat. Tidak sedikit pula yang terpaksa berhenti produksi atau tak mampu bertahan dikala pandemi covid-19 masih bergulir.
Dalam keadaan apapun, UMKM perlu bangkit dan terus produktif. Masih terdapat harapan bagi UMKM untuk bertahan. Sejumlah pihak memberikan stimulus, bantuan, pendampingan dan bentuk dukungan lainnya agar mampu meringankan UMKM menghadapi masa sulit ini. Selain itu, berbagai pihak menyampaikan tips atau cara-cara bisnis dapat bertahan dikala pandemi covid-19. Adapun tips tersebut sebagai berikut:

Fokus Pada Kebutuhan Konsumen
Tinjau kembali apakah produk anda masih relevan dikeadaan pandemi ini. Lakukan fokus pada produk yang lebih dibutuhkan konsumen. Selain itu, tinjau kembali apa yang dibutuhkan konsumen seperti misalnya kemasan yang bersih dan sehat.

Terus Berinovasi dan Berkreasi
Persaingan akan semakin ketat. Kompetisi akan berkutat pada siapa yang paling relevan dan dibutuhkan oleh konsumen. Konsumen akan semakin hati-hati dalam membeli suatu produk di masa pandemi ini. Maka dari itu, inovasi dan dan melakukan strategi secara kreatif sangat dibutuhkan saat ini.

Riset Peningkatan Daya Tahan Ketika Krisis
Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk memikirkan strategi bertahan ketika krisis melanda tidak hanya saat pandemi covid-19 saja. Lakukan R&D (research & development) untuk menemukan strategi yang tepat bagi usaha anda bertahan dikala krisis melanda.

Jangan Cepat Berpuas Diri
Momen ini bisa dikatakan dirasakan oleh seluruh bisnis yang ada. Meskipun begitu, jangan terlalu cepat untuk berpuas diri dan menerima keadaan ini. Persaingan akan semakin keras setelah ini. Terus lakukan produksi dan inovasi agar bisnis anda tetap berjalan sesuai target.

Persiapkan Generasi Selanjutnya yang Lebih Tangguh
Pandemi covid-19 dapat menjadi momen untuk pelaku bisnis belajar dan sejenak memikirkan visi kedepan yang lebih jauh. Persiapkan pimpinan generasi selanjutnya untuk usaha anda yang tahan banting walau krisis seperti covid-19 melanda kembali dimasa depan. Pengalaman krisis ini dapat dijadikan referensi untuk merubah krisis dimasa depan menjadi peluang.

Jaga Hubungan Baik dengan Vendor, Supplier dan Distributor
Aliran rantai bisnis sempat terhambat karena kebijakan lockdown yang diterapkan beberpaa negara. Hal ini membuat vendor, supplier dan distributor semakin berkurang. Dengan menjaga hubungan baik dengan mereka dapat membantu aliran rantai bisnis usaha anda tetap berjalan. Bukan tidak mungkin mereka memberikan privilege tertentu kepada perusahaan anda.

Berkolaborasi dengan Perbankan
Beberapa bank di Indonesia mulai memberikan dukungan terhadap perekonomian UMKM. Jadi, sebagai pelaku bisnis tidak boleh melewatkan kesempatan yang ditawarkan tersebut. Gunakan kesempatan ini untuk berkolaborasi dengan perbankan sebagai mitra strategis untuk pembiayaan, informasi dan pendampingan pengembangan usaha.

Berhimpun dalam Organisasi UMKM
Bangkit dari keterpurukan masa sulit ini memang tidak mudah dilakukan. Namun, beban akan sedikit berkurang apabila dilakukan bersama-sama. Jadi, berhimpunlah dengan organisasi UMKM. Selain dapat bertukar ilmu dengan UMKM lain tentu saja ada potensi usaha anda berkembang dengan pendampingan yang diadakan. Salah satu organsiasi UMKM yang dapat jadi pertimbangan adalah YDBA (Yayasan Dharma Bhakti Astra). Dengan menjadi mitra YDBA, UMKM anda akan tetap didampingi meskipun krisis melanda. Seluruh UMKM dan YDBA bisa duduk bersama mendiskusikan langkah yang tepat menghadapi krisis tersebut.
 
Referensi:

Setiawan, Sakina Rakhma Diah (ED). 2020. 8 Tips agar UMKM Dapat Bertahan di Tengah Virus Corona. "8 Tips agar UMKM Dapat Bertahan di Tengah Virus Corona". Site: Kompas.com

Perwitasari, Nur Hidayah. 2020. “4 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Selama Pandemi Corona COVID-19”. Site: Tirto.id

Illustrated by D3Images. Site: Freepik.com 


Artikel selanjutnya