Administrator 60 post
Inspirasi Wirausaha

Tips Membuat Kartu Nama yang Baik Bagi Kemajuan Usaha

Share : 17 September 2017
Kartu nama, meski berukuran kecil, namun memiliki peran penting untuk menjalin komunikasi. Pada selembar kertas mungil tersebut, biasanya tercantum identitas singkat dan informasi lain yang diperlukan. Tujuannya satu, memperkenalkan siapa diri kita.
Diperkirakan, cikal bakal kartu nama sudah ada sejak abad ke-15 di Tiongkok. Keberadaannya kemudian berkembang dan menjadi bagian dalam kegiatan bisnis. Hingga kini, ritual bertukar kartu nama masih dilakukan. Tanpa aba-aba, masing-masing orang secara sadar akan menyodorkan kartu nama ketika saling bersua. Bahkan jika habis atau lupa membawa kartu nama, otomatis akan meminta maaf.
Karena dianggap penting, ada etika yang harus diperhatikan ketika bertukar kartu nama, terutama dengan rekan bisnis yang berbeda kebangsaan. Misalnya dengan warga negara Jepang. Orang yang mempunyai kedudukan tertinggilah yang pertama bertukar kartu. Kartu tersebut juga harus diserahkan dengan kedua tangan, baik saat memberikan atau menerima.
Pengetahuan cara bertukar kartu tentu diperlukan. Tapi, hal yang tidak kalah pentingnya ialah membuat kartu nama yang baik dan menarik. Sebab, kartu nama juga dirancang untuk memperkenalkan bisnis Anda secara langsung saat bertatap muka. Di sinilah perlunya membuat desain kartu nama yang tepat, karena bisa menjadi pembuka jalan untuk memperluas bisnis Anda.
Bagi Anda yang baru memulai usaha atau sedang menjalankan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kiranya perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk membuat kartu nama yang baik sehingga dapat menjadi alat pemasaran yang efektif.

1. Membuat logo
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan, Anda tentunya memerlukan suatu pembeda. Di sinilah sebuah logo memainkan fungsinya. Ia berperan sebagai identitas dari bisnis dan produk Anda.
Biasanya sebuah logo dibuat dengan bentuk yang sederhana agar mudah diingat. Bisa dilihat dari perusahaan sepatu asal Amerika Serikat, Nike atau logo jejaring media sosial Facebook. Jadi, cobalah berpikir bagaimana logo Anda akan ditampilkan kemudian dicetak dalam kartu nama. Anda bisa membuat logo sendiri lewat situs online seperti logaster.com atau logogarden.com.

2. Memuat informasi penting
Tentunya, kartu nama harus memuat informasi yang menunjukkan identitas diri dan usaha Anda. Umumnya, keterangan yang mesti mencantumkan ialah nama diri, nama perusahaan, kontak informasi untuk menjangkau Anda, alamat website, juga logo perusahaan berikut slogannya.

3. Memakai jenis font dasar
Banyak jenis pilihan font ketika hendak membuat kartu nama, namun pilihlah yang sederhana dan mudah dibaca. Sebaiknya, Anda menahan keinginan untuk menggunakan font yang terlalu kreatif karena hal ini menyangkut dengan tampilan profesional.
Jenis font yang biasanya banyak digunakan dalam pembuatan kartu nama ialah San Serif. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan penggunaan jenis lainnya seperti Calibri, Arial, atau jenis lainnya. Dengan catatan, sederhana, lugas, dan mudah dibaca.

4. Menggunakan warna yang sesuai
Warna menjadi salah satu elemen penting dalam pembuatan kartu nama. Pastikan warna-warna yang dipilih mewakili bisnis Anda atau sesuai dengan corporate color yang sudah dirancang sejak mendirikan usaha.
Untuk desain minimalis, kiranya cukup menggunakan dua warna saja. Salah satu warna bisa hitam atau putih, sedangkan warna lainnya bisa menyesuaikan dengan warna logo bisnis. Desain kartu nama seperti ini cukup mencerminkan diri serta usaha Anda.

5. Beri sentuhan kreatif
Sebagai alat pemasaran, Anda juga bisa memberikan sentuhan kreatif pada kartu nama. Pada bagian belakang kartu, Anda bisa membubuhkan kutipan. Misalnya, produk yang Anda jual merupakan olahan limbah barang bekas, Anda bisa menambahkan kutipan “mengolah limbah untuk kelestarian lingkungan hidup.” Ini untuk memaksimalkan ruang yang tersedia.

6. Lihat referensi template kartu nama
Desain kartu nama tentunya bermacam-macam. Jadi ada baiknya sebelum mencetak, Anda mencari tahu template kartu nama seperti apa yang Anda inginkan. Berselancarlah di internet dan lihat referensi sebanyak-banyaknya. Cukup buka browser lalu tuliskan kata kunci template kartu nama dan klik images maka akan muncul banyak pilihan. Anda juga bisa melihat referensi bentuk-bentuk kartu nama di macrochromatic.com.
Kartu nama yang baik bisa menjadi awal yang baik pula untuk pengembangan bisnis Anda. Upaya pengembangan bisnis, terutama untuk UMKM, telah dirintis oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) melalui pelatihan, pendampingan, serta memfasilitasi UMKM untuk mengakses pasar dan pembiayaan.
Artikel selanjutnya