Inspirasi Wirausaha

Tips Mengelola Usaha Rumahan

Share : 16 July 2019

Dalam memulai usaha, ada banyak yang harus ditentukan. Bukan hanya dari modal saja, tapi strategi bagaimana usaha tersebut bisa terus berjalan harus ditentukan. Salah satunya usaha rumahan, banyak yang mengira kalau usaha tersebut lebih mudah dilakukan, karna waktu dan tempat bisa diatur sesuai keinginan pemilik usaha. Tapi jika tidak hati-hati, justru usaha Anda bisa mengalami kerugian. Untuk itu pelajari bagaimana tips dalam mengelola usaha Anda. Beberapa pembahasan akan dijelaskan dibawah ini.

 

1.       Tentukan keunikan dari produk

 

Unik merupkan salah satu point yang menjadi pembeda diantara lainnya.  Jika produk Anda memiliki keunikan, maka akan ada peluang untuk lebih dikenal oleh konsumen. Produk yang unik juga dapat membantu Anda dalam menghadapi persaingan.

 

2.       Hitung kebutuhan modal

 

Agar mudah dalam menjalani bisnis, sebelum memulai sebaiknya tentukan modal terlebih dahulu.  Kebutuhan-kebutuhan dalam memulai bisnis harus ditentukan agar terhindar dari kebutuhan yang tidak terlalu penting. Perencanaan yang matang akan membuat keuangan Anda menjadi terstuktur.

 

3.       Pelajari administrasi

 

Sering kali hal yang dilupakan dalam sebuah bisnis yaitu proses adminisitrasi. Padahal, hal ini menjadi bagian yang penting juga. Karena dalam administrasi Anda akan melakukan beberapa kegiatan mencatat baik dari keungan, jumlah produk yang dihasilkan atau pelanggan yang berdatangan juga harus diperhatikan.  Mulailah lakukan administrasi secara tertib, karena mencatat merupakan salah satu pondasi dalam berbisnis.

 

4.       Lakukan promosi

 

Promosi salah satu kegiatan untuk memperkenalkan  produk kepada konsumen untuk dikenal. Melakukan promosi tentuk ada aturannya agar tepat dalam penyampaian baik dari segi waktu maupun konten. Buat promosi dengan secara bertahap dan dilakuakn secara rutin. Promosi saat ini bisa mudah dilakukan lewat sosial media. Selanjutnya tentukan target promosi Anda.

 

 

Walaupun usaha rumahan, Anda juga harus memiliki strategi agar usaha Anda tidak kalah dengan usaha-usaha yang lainnya.  Semoga artikel ini bisa membantu 

Artikel selanjutnya