125 UMKM SUDAH BERSERTIFIKASI HALAL

125 UMKM SUDAH BERSERTIFIKASI HALAL

Share : 14 June 2019

UNDANG Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH). sudah diberlakukan sehingga setiap produk makanan, minuman. obat-obatan dan kosmetika wajib tersertlflkasi halal dan dllabelisa-sl secara jelas.


DI Banjarbaru, terungkap masih banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih belum mengurus sertifikat halal.

Data se-Kallmantan Selatan hingga akhir 2018. tercatat ada 83 produk UMKM Kalsel. Namun sampai saat ini, baru 40 produk yang tersertlfikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Di tingkat kabupaten dan kota, jika dikumpulkan Juga banyak yang tidak terurus sertifikasi halal, terutama atas produksi yang ada.

Direktur LPPOM MUI Kalsel. H Udi-antoro mengatakan untuk Jenis restoran di Hotel Banjarbaru ada tiga yang sudah memiliki sertifikat halal.

"Untuk rumah makan tradisional, kisarannya sudah ada lOyang memiliki sertifikat halal." katanya.

Sementara untuk UMKM di Kota Banjarbaru. sudah banyak yang memiliki sertifikasi halal sejak dua tahun terakhir.

"Sudah ada 125 UMKM yang memiliki sertifikasi halal. Dalam dua tahun terakhir ini. proses pengurusan ke LPPOM MUI Kalsel terus dilakukan dari UMKM Kota Banjarbaru." lanjutnya.

Pengurusan itu difasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru dan MUI Kota Banjarbaru.

Pihaknya terus mensoslalisasikan dan mengimbau kepada pengelola rumah makan, untuk melakukan pengurusan sertifikasi halal, (lis)




Sumber : banjarmasinpost.com

125 UMKM SUDAH BERSERTIFIKASI HALAL