BIG DATA BISA JADI PENOLONG BAGI UMKM, INI PENJELASANNYA

BIG DATA BISA JADI PENOLONG BAGI UMKM, INI PENJELASANNYA

Share : 18 November 2020
Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro mengatakan masa transformasi teknologi digital, pengguna big data harus dimaksimalkan. Terutama bagi perusahaan Financial Technology (Fintech) yang menggunakan jejak digital untuk melakukan verifikasi pihak ketiga. "Fintech itu kan menggunakan digital footprint (jejak digital) untuk verifikasi pihak ketiga demi menekan biaya operasional," kata Bambang dalam diskusi Indonesia Fintech Summit 2020, Jakarta, Kamis, (12/11).

Penggunaan big data ini akan menjadi solusi inovasi yang dilakukan perusahaan fintech. Bukan hanya akses kepada identitas berupa KTP tetapi hingga data lapisan lainnya semisal data transaksi hingga perilaku calon peminjam dana. Meski begitu, Bambang meminta perusahaan fintech menggunakan jejak digital seperlunya. "Jadi kita harapkan fintech itu kalau bisa (penggunaan big data) ditakar dengan baik," kata dia.

Bambang menilai sudah saatnya dibuat platform digital yang spesifik untuk bidang tertentu. Semisal program startup Inovasi Indonesia sebagai platform digital untuk nelayan. Di sini, lapak digital ini tidak hanya menjadi tempat penjualan ikan oleh nelayan kepada pelanggan langsung. Tetapi berbagai informasi lainnya seperti cuaca di area tangkap ikan sampai dengan jenis pakan ikan yang cocok bagi ikan budidaya.

"Saya melihat kombinasi produksi dengan teknologi digital akan sangat baik menolong UMKM," kata dia. Artinya jika dikaitkan dengan platform digital perusahaan fintech dapat dengan mudah mengetahui aktivitas pelaku usaha. Sehingga memudahkan perusahaan pembiayaan dalam memberikan pinjaman karena sudah memenuhi ketentuan yang sudah ada di platform digital. "Itu solusi yang kita dorong agar UMKM iniĀ  tidak khawatir bila berhubungan dengan fintech," kata Bambang.

Referensi Foto:
pridis.com



Sumber : Liputan 6

BIG DATA BISA JADI PENOLONG BAGI UMKM, INI PENJELASANNYA