JOGJA BUSINESS LAB GELAR WORKSHOP MEMBUAT SISTEM BISNIS MENJADI AUTOPILOT

JOGJA BUSINESS LAB GELAR WORKSHOP MEMBUAT SISTEM BISNIS MENJADI AUTOPILOT

Share : 14 May 2019
Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri , YOGYA - Banyaknya pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang masih menggunakan cara tradisional dalam membangun bisnis menjadi perhatian tersendiri bagi Jogja Business Lab .

Untuk itu, Jogja Business Lab sebagai wadah pengembangan UMKM yang diinisiasi Bio Hadikesuma Management Training & Consulting menyelenggarakan workshop ekslusif bagi UMKM di Yogyakarta.

Bio Hadikesuma, konsultan bisnis yang selama 14 tahun telah mendampingi UMKM di Indonesia ini menilai, para pelaku usaha menurutnya sleama ini kekurangan referensi untuk membuat usahanya menjadi autopilot.

Lanjutnya, para pelaku usaha tidak selamanya bekerja di usaha yang telah di rintis hal ini karena ketidak percayaan kepada tim, akhirnya semua pekerjaan dilakukan sendiri.

"Workshop ini membedah mengenai pekerjaan yang bisa di berikan kepada karyawan dan kapan akhirnya kita bisa membuat sebuah sistem yang tidak tergantung kepada kita," ujarnya pada Senin (13/5/2019).

Selain itu, workshop ini juga memberikan gambaran alur bisnis proses di setiap divisi, membentuk KPI, kriteria karyawan hingga membuat perhitungan gaji.

"Perhatikan juga tunjangan-tunjangan kepada karyawan, meskipun nilainya tidak seberapa, tapi sangat berarti bagi mereka," lanjutnya.

Sementara itu, seorang peserta yang merupakan pemilik dari Batik Namburan, Evi Rosalina, mengatakan, dalam menjalankan usahanya selama ini, kata dia keputusan masih bergantung pada pemilik.

"Saya kira alur yang sudah dibuat selama ini sudah benar, ternyata ada kesalahan. Akhirnya ketemu titik pembenahan yang harus segera diterapkan agar tim bisa berjalan sesuai dengan SOP yang ada," terangnya.



Sumber : jogja.tribunnews.com

JOGJA BUSINESS LAB GELAR WORKSHOP MEMBUAT SISTEM BISNIS MENJADI AUTOPILOT