Penting! 5 Unsur Ini Dipercaya Mampu Tingkatkan dan Kembangkan KUMKM

Penting! 5 Unsur Ini Dipercaya Mampu Tingkatkan dan Kembangkan KUMKM

Share : 12 March 2019

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga, Luhur Pradjarto, dalam acara seminar Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dalam rangka APINDO UMKM SUMMIT 2019 sekaligus pemberian awards kepada UMKM oleh APINDO Kalimantan Selatan di Banjarmasin, mengatakan bahwa dalam meningkatkan dan mengembangkan koperasi dan UMKM, ada 5 unsur yang saling terkait dan perlu diperhatikan.

1. Akademisi

Menurut Luhur, akademisi adalah yang akan melakukan penelitian dan pengkajian dan mensosialisasikan serta mengedukasi UMKM. 

2. Businessman (pelaku usaha)

Para pelaku usaha bisa saling berinteraksi sesuai dengan norma bisnis yang digeluti tanpa harus mematikan yang kecil. 

3. Komunitas

Para UMKM dengan komunitasnya dapat saling tukar informasi, memperkuat jaringan dan saling menghidupi. 

4. Pemerintah

Pemerintah baik pusat maupun daerah diharapkan mengeluarkan kebijakan yang menciptakan iklim usaha yang kondusif, misalnya memberikan kemudahan dalam perijinan, menyediakan tempat yang layak dan aman baik bagi produsen maupun konsumen. 

5. Media

Peran media adalah yang sangat penting untuk mempublikasikan produk-produk koperasi dan UMKM termasuk hasil penelitian maupun kebijakan dan aturan. 

“Apabila kelimanya disinergikan, kemungkinan besar dapat meningkatkan koperasi dan UMKM sehingga naik kelas,” ujar Luhur.

 

 



Sumber : wartaekonomi.co.id

Penting! 5 Unsur Ini Dipercaya Mampu Tingkatkan dan Kembangkan KUMKM