PERAN PEMUDA DISEKTOR GERAK UMKM DIMASA PANDEMI

PERAN PEMUDA DISEKTOR GERAK UMKM DIMASA PANDEMI

Share : 10 September 2021
Sudah genap satu tahun penyebaran virus Covid-19 di Indonesia tidak kunjung usai. Dampak pandemi merambah ke berbagai aspek, salah satunya pada bidang perekonomian. Pelemahan perekonomian Indonesia berdampak secara masif salah satunya menurunnya daya beli masyarakat yang mana juga menyebabkan banyak usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM rentan gulung tikar.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) mencatat, per Juli 2021 sudah ada sebanyak 15,3 juta UMKM yang melakukan digitalisasi. Angka tersebut mencapai 23,9 persen dari total UMKM di Indonesia.

Meski banyak,namun tetap saja di situasi ini membuat banyak UMKM yang tengah jatuh bangun di masa pandemi, hal tersebut tak menyurutkan niat gerak pemuda Kalimantan Tengah yang berpusat di Kota Palangka Raya yang mengaku semakin bergairah untuk bangkitkan UMKM saat ini.

Salah satunya kehadiran platform Klinik Bisnis di Palangka Raya tampak jelas telah memberikan efek kejut bagi pegiat UMKM di Kalimantan Tengah. Klinik Bisnis bertujuan memberdayakan UMKM dengan menjadi pelopor pembinaan UMKM berbasis startup dari Kalimantan Tengah.

Team Klinik Bisnis sendiri terdiri dari pemuda yang masih tergolong sangat muda dan mitra usaha lainnya yang notabenenya berasal dari kalangan muda.



Sumber : Republika.co.id

PERAN PEMUDA DISEKTOR GERAK UMKM DIMASA PANDEMI