PUSAT PELATIHAN KUMKM DIOPTIMALKAN DI GRAND SMESCO HILLS BOGOR

PUSAT PELATIHAN KUMKM DIOPTIMALKAN DI GRAND SMESCO HILLS BOGOR

Share : 12 June 2019

Warna baru Grand Smesco Hills dikembangkan sebagai tujuan wisata dan penginapan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Jakarta - Pusat pelatihan koperasi, usaha mikro kecil dan menengah (KUMKM) dioptimalkan dengan beragam fasilitas pendukung yang lebih lengkap di Grand Smesco Hills di Bogor, Jawa Barat, agar upaya peningkatan kapasitas pelaku KUMKM dapat dilaksanakan dengan baik.

"Sarana ini untuk kepentingan peningkatan kapasitas para pelaku koperasi dan UMKM. Selain itu, dapat dimanfaatkan juga untuk masyarakat umum baik perorangan, lembaga ataupun perusahaan dalam penyelenggaraan event lainnya," ujar Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi di Bogor, Selasa.

Warna baru Grand Smesco Hills dikembangkan sebagai tujuan wisata dan penginapan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Pengembangan ini kata Emilia dijamin lebih profesional, sebab Smesco Indonesia yang diberi kepercayaan sebagai pengelola akan bekerja sama dengan pihak perusahaan perhotelan wisata.

"Ke depan Smesco Indonesia akan menggandeng perusahaan dengan latar belakang pengelolaan hotel profesional untuk bisa sama-sama memajukan dan memasarkan Grand Smesco Hills secara luas," kata Emilia.

Selain kerja sama dengan perusahaan perhotelan, strategi lain yang dilakukan Smesco Indonesia untuk menjaring konsumen mulai dari memanfaatkan waktu liburan, mengoptimalkan pemasaran online seperti melalui online Traveloka, maupun co-branding Grand Smesco Hills dengan operator yang sudah mempunyai nama besar lainnya.

"Kalau Grand Smesco Hills ini menghasilkan dari sisi pendapatan, maka akan meningkatkan PNBP sehingga bisa lebih mandiri," katanya.

Grand Smesco Hills berdiri di lahan seluas 11,7 hektare di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Berbagai fasilitas utama disiapkan di dalam gedung ini guna mendukung berlangsungnya proses pendidikan dan pelatihan.

Sarana tersebut terdiri dari lima bangunan di antaranya gedung pertemuan tiga lantai yang mampu menampung 2.000 orang.

Selain itu, gedung pelatihan yang dilengkapi ruang pertemuan, ruang istirahat, akses wi-fi, dan fasilitas pendukung.

Kemudian ada gedung asrama dengan pelayanan dan fasilitas setara hotel bintang tiga, sarana olahraga, kantin, parkir, serta fasilitas pendukung lainnya.

Pembangunan gedung ini untuk kepentingan peningkatan kapasitas para pelaku Koperasi dan UMKM. Untuk lebih efektif memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi para pelaku koperasi dan UMKM, maka Kementerian Koperasi dan UKM mempercayakan Smesco Indonesia sebagai pengelola.

Menurut Emilia, salah satu konsep pengembangan KUKM adalah membuka akses pelatihan bagi SDM agar terjadi peningkatan produktivitas di dalamnya.

Oleh karena itu keberadaan Grand Smesco Hills diharapkan Emilia bisa menjadi wadah untuk membuka akses pelatihan bagi SDM KUKM.

"Kami berharap sarana ini menjadi pusat pelatihan bagi SDM KUKM kita sehingga eksistensi mereka semakin kuat," katanya.

 



Sumber : www.antaranews.com

PUSAT PELATIHAN KUMKM DIOPTIMALKAN DI GRAND SMESCO HILLS BOGOR