RI Sepakati Kerangka Kerja Sama E-commerce ASEAN, Ditarget Jadi Pertama di Dunia

Ilustrasi e-commerce. ÃÂÂÃÃ

Share : 13 November 2018
Merdeka.com - Negara-negara anggota ASEAN menyepakati kerangka kerja sama perdagangan sistem elektronik (e-commerce). Hal ini bertujuan untuk mendukung perkembangan ekonomi digital.

"Indonesia ikut menandatangani kerja sama perdagangan tentang e-commerce mendukung perkembangan ekonomi digital serta perdagangan di negara-negara kawasan ASEAN," ujar Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita, seperti dikutip dari Antara usai menandatangani kesepakatan kerja sama e-commerce di Suntec Convention Centre, Singapura, Senin (12/11).

Perjanjian ASEAN tentang perdagangan elektronik atau e-Commerce ditandatangani oleh para menteri ekonomi ASEAN lainnya. Penandatanganan tersebut merupakan rangkaian Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN ke-33 yang berlangsung sejak 11 November hingga 15 November 2018.

Selain itu, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing mengatakan perjanjian ASEAN tentang perdagangan elektronik di ASEAN masih dalam tahap awal dibandingkan dengan China dan Amerika Serikat.

"Hambatan non-tarif seperti logistik dan lintas batas digital peraturan terus menjadi tantangan bagi UMKM yang ingin memanfaatkan peluang e-commerce," kata Menteri Chun Sing.

"Sebagai pengakuan atas tantangan-tantangan ini, saya senang bahwa negara-negara Anggota ASEAN telah menyimpulkan Perjanjian ASEAN tentang E-Commerce, ini kesepakatan pertama ASEAN untuk memfasilitasi transaksi e-commerce lintas batas," kata dia.

Ini menjadi bukti dari komitmen ASEAN komitmen untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan e-commerce dengan memajukan aturan perdagangan dan membangun konektivitas digital yang lebih besar di dalam wilayahnya. "Kita harus menjadi salah satu yang pertama di dunia yang memiliki persetujuan ini," kata dia.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Singapura untuk menghadiri KTT ASEAN ke-33 itu mulai 13 November hingga 15 November 2018. Selain para pemimpin ASEAN, sejumlah kepala negara seperti Amerika Serikat, Rusia, China, Jepang, India, Korea Selatan dan lainnya ikut hadir di Singapura.

Sementara itu Presiden AS Donald Trump tidak hadir dan mengirimkan Wakil Presiden Mike Pence untuk menghadiri KTT ASEAN ke-33.

[bim]



Sumber : merdeka.com

Ilustrasi e-commerce. ÃÂÂÃÃ